BOLA.NET – Pelatih tim nasional Indonesia senior, Jacksen Ferreira Tiago, mengaku membutuhkan waktu yang cukup untuk menyiapkan pemainnya tampil dalam sebuah pertandingan. Tidak hanya dalam laga resmi, namun juga pertandingan berlabel uji coba.

Dengan begitu, pihaknya mampu menghasilkan Timnas yang kuat dan kompak. Serta, matang secara taktik, taktik serta mentalitas bertanding.

Apalagi, Jacksen kini memang tidak bisa berleha-leha. Selain harus membagi tenaga dan pikiran untuk Timnas senior, juga untuk klub Persipura Jayapura, kontestan kompetisi Indonesia Super league (ISL) musim 2012-2013.

Timnas senior pun akan menjalani laga lanjutan di kualifikasi Piala Asia 2015, menghadapi China, pada 15 Oktober mendatang.

Dalam klasemen sementara, China berada di urutan kedua dan meraih tiga poin dari dua pertandingan. Sedangkan Indonesia, menempati urutan buncit lantaran kalah dari dua laga.

“Melawan China, saya sudah memiliki strategi. Misalnya, memilih pemain yang tidak hanya memiliki teknik, namun mental yang kuat,” ujar Jacksen.

“Selain itu, saya akan memanggil pemain naturalisasi. Seperti, Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Tonnie Cussel, dan Kim Kurniawan,” sambungnya.

Berkaca pada pertandingan uji coba lawan Timnas Belanda, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (7/6) malam, Jacksen menilai jika pemain Timnas senior perlu memiliki standar fisik. Tujuannya, supaya Timnas tampil kompetitif di berbagai ajang yang diikuti.

“Ketika lawan Belanda, Timnas mampu tampil apik pada babak pertama namun kelelahan di babak kedua. Kedepannya, itu tidak boleh terjadi lagi. Menghadapi tim level apapun, kami harus siap dengan selalu melakukan persiapan yang matang,” pungkasnya. (esa/dzi)

Leave a Reply