Olimpiade: Atlet Angkat Besi Cuma Libur Sehari Saat Lebaran

Berita bola

Olimpiade: Atlet Angkat Besi Cuma Libur Sehari Saat Lebaran

078668300_1466495665-20160621-Menpora_Tinjau_Kesiapan_Atlet_Angkat_Besi-HEL_4.jpg


bolasport.com, Jakarta – Menjalani tugas sebagai atlet membuat lifter (atlet angkat besi) Indonesia, Eko Yuli Irawan, tidak bisa berlama-lama mencicipi libur Idul Fitri kali ini. Para lifter Indonesia yang akan berangkat ke Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016 hanya mendapat jatah libur sehari saat Idul Fitri.  

Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016 yang akan dihelat Agustus nanti dan keenam lifter yang berangkat tetap menjalani pemusatan latihan dengan maksimal. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat dari para lifter untuk giat berlatih.

“Dapat libur cuma pas hari H lebaran. Hari kedua sudah ke pelatnas lagi,” kata Eko ditemui di tempat pelatnas angkat besi di kompleks Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Selain waktu libur yang sedikit, Eko mengungkapkan, dia benar-benar tetap menjaga asupan makanan saat bulan Ramadan. Eko mendapat instruksi dari pelatih terkait jenis makanan yang tidak bisa dia makan.

“Pantangan dari pelatih ada. Nggak boleh makanan berminyak, goreng-goreng. Harus yang bakar,” ujar Eko.

Di tempat yang sama, Manajer Angkat Besi Indonesia, Alamsyah, mengungkapkan, para atlet angkat besi sudah terbiasa menghadapi jadwal pelatnas yang berbenturan dengan Idul Fitri. Malah, menurut Alamsyah, pengaturan libur Idul Fitri kali ini termasuk yang cukup longgar.

“Tahun ini malah mending. Kita pernah tidak libur pas Idul Fitri. Habis Shalat Idul Fitri, makan, para atlet langsung latihan lagi,” kata Alamsyah.

Angkat besi termasuk cabang andalan Indonesia di Olimpiade 2016. Tahun ini, Indonesia menurunkan tujuh atlet di cabang angkat besi. Saat ini, ada 13 atlet yang mengikuti seleksi, termasuk Eko.

Atlet-atlet PABBSI yang menjalani pelatnas untuk Olimpiade Rio 2016 antara lain Surahmat (56 kg), M. Purkon (56 kg), Eko Yuli Irawan (62 kg), M. Hasbi (62 kg), Deni (69 kg), I Ketut Ariana (69 kg), Triyanto (69 kg), Imam Jamalidin (85 kg), Sri Wahyuni (48 kg), Lisa Setiawati (48 kg), Dewi Safitri (53 kg), Sarah Anggraini (53 kg), dan Sinta Darmariani (63 kg).

To Top