Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bursa Transfer Inggris: Man City Terboros, Spurs Paling Pelit

By Ade Jayadireja - Rabu, 2 Agustus 2017 | 16:54 WIB
Bek kiri anyar Manchester City, Benjamin Mendy, saat menandatangani kontak bersama klub barunya pada Senin, 24 Juli 2017. (DOK MANCITY.COM)

Klub-klub perserta Liga Inggris berlomba berbelanja pemain guna menyambut musim 2017-2018. Ada tim yang sangat royal mengeluarkan uang, tetapi ada pula yang 'pelit'.

Sudah 33 hari bursa musim panas 2017 bergulir sejak dibuka pada 1 Juli lalu.

Sejauh ini, Manchester City menjadi klub terboros di tanah Inggris dengan pengeluaran mencapai 212 juta pounds atau sekitar Rp 3,7 triliun.

Dana sebanyak itu mereka gunakan untuk mendatangkan lima pemain yakni Bernardo Silva, Ederson Moraes, Kyle Walker, Benjamin Mendy, dan Danilo.

Mendy menyedot dana keuangan The Citizens paling banyak. Transfer bek AS Monaco itu menelan biaya 52 juta pounds.

Di nomor dua ada Manchester United. Setan Merah, demikian julukan mereka, menghabiskan 145,8 juta pounds buat tiga pemain.

Urutan ketiga sampai kelima berturut-turut diduduki oleh Chelsea, Everton, dan Arsenal.

Baca juga:

Berbanding terbalik dengan tim-tim mapan yang telah disebutkan di atas, Tottenham Hotspur justru belum mendatangkan satu pemain pun sehingga layak mendapat label klub paling pelit.

Skuat asuhan Mauricio Pochettino kalah dari tim promosi, Huddersfield Town, yang telah mengeluarkan 36,4 juta pounds buat belanja amunisi anyar.