Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pep dan Poch yang Akan Selamatkan Sepak Bola Inggris!

By Bagas Reza Murti - Sabtu, 4 November 2017 | 14:20 WIB
Pelatih Manchester City Pep Guardiola dan pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino mengarahkan pemainnya di pinggir lapangan saat kedua tim bertemu pada 2 Oktober 2016. (GLYN KIRK / AFP)

Apa yang bisa dilakukan pelatih asing untuk sepak bola Inggris? Bagi sebagian pecinta sepak bola Inggris pasti akan menjawab mereka tak tahu apa-apa.

Ya, memang ada fenomena tak menyenangkan yang menimpa pelatih asing di Inggris, seakan mereka dianggap cukup berani dan tak cukup pintar menghadapai kerasnya Premier League.

Namun tampaknya stigma itu harus dihilangkan melihat performa dua klub Inggris yang dilatih oleh orang asing, Manchester City dan Tottenham Hotspur.

Dua tim ini baru saja meraih kemenangan atas lawan-lawannya di Liga Champions, dua kekuatan utama Eropa, Napoli dan Manchester City.

Dilansir BolaSport.com dari Telegraph, terdapat 3 pemain Inggris yang menjadi starter dalam tim Guardiola saat menekuk Napoli 4-2, sementara terdapat 6 pemain Inggris yang jadi starter di Tottenham Hotspur milik Pochettino saat menang atas Real Madrid.

Diantara mereka, 4 gol telah tercipta untuk pemain Inggris.

Diantara semua pelatih asing di Premier League, Pep (sapaan Pep Guardiola) dan Poch (sapaan Pochettino) lah yang melakukan lebih dari sekedar memberi peluang kepada timnas Inggris untuk bersaing di Piala Dunia mendatang.

(Baca juga: Skuat Manchester City Saat Ini Hampir Sebanding dengan Barcelona Era Pep Guardiola dan Lebih Baik dari Skuat Manchester United Era Fergie)

Lihat saja Pochettino. Pelatih klub papan atas mana yang bersedia memberi peluang dan menit bermain bagi pemain muda Inggris. Harry Winks, Kieran Trippier dan Eric Dier adalah sedikit contoh diantaranya.

Di sisi Manchester, Pep Guardiola bekerja dengan baik untuk 3 pemain Inggris yaitu John Stones, Raheem Sterling dan Fabian Delph. Sementara Kyle Walker memiliki kehormatan untuk dapat merasakan sentuhan Pep dan Poch.