Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Presiden Komite Olimpiade Italia: Semua Tim Akan Pakai Jersey Davide Astori Saat Liga Italia Dilanjutkan

By Bagas Reza Murti - Selasa, 6 Maret 2018 | 21:27 WIB
Bek Fiorentina, Davide Astori, memberi salam kepada para fans pada laga Liga Europa kontra Borussia Moenchengladbach di Moenchengladbach pada 16 Februari 2017. (PATRIK STOLLARZ / AFP)

Presiden CONI (Komite Nasional Olimpiade Italia), Giovanni Malago menyatakan semua tim akan mengenakan jersey Davide Astori saat mereka masuk lapangan ketika Liga Italia dilanjutkan kembali dan sebagai permintaan maaf karena terlibat berita palsu.

Kapten Fiorentina secara tragis meninggal pada Minggu (4/3/2018) dalam tidurnya saat skuat Fiorentina akan menghadapi Udinese.

Henti jantung dipercaya menjadi penyebab utama pemain berusia 31 tahun tersebut.

"Ide yang kami dapat dari situasi ini adalah sang pemain meninggal karena henti jantung yang disebabkan oleh faktor-faktor alamiah," tutur Antonio De Nicolo, jaksa wilayah Udine.

Semua laga Liga Italia dibatalkan begitu mendengar kabar tersebut.

Presiden CONI, Giovanni Malago menyatakan sulit bagi mereka untuk membatalkan seluruh pertandingan namun dirasa tepat di tengah tragedi tersebut.

"Ketika kami membicarakan laga antara Cagliari dan Genoa, dua tim terpenting (Davide Astori) yang akan turun lapangan. Lalu seruan datang dari Presiden Cagliari bahwa timnya tak mau bermain, dan Genoa langsung mendukung gagasan tersebut," ujar Malago dilansir BolaSport.com dari Football-Italia.

(Baca juga: Tak Kuasa Menahan Emosi, Pemain Liga Spanyol Ini Pingsan Dengar Kabar Davide Astori Telah Tiada)

"Penundaan derby Milan juga tidak mudah, mengingat semua tiket telah terjual tetapi saya pikir pada aksirnya itu adalah keputusan yang tepat untuk menghormati Astori," tambahnya.

Malago kemudian mengusulkan pemakaian jersey Astori kepada semua pemain daat masuk lapangan, ketika Liga Italia dilanjutkan kembali.