Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Singa Tua dari Basque Itu Kalahkan Catatan Gol Cristiano Ronaldo di Liga Spanyol

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Senin, 20 November 2017 | 10:42 WIB
Penyerang Athletic Bilbao, Aritz Aduriz (kanan), merayakan gol ke gawang APOEL Nicosia dalam laga leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Stadion San Mames, Bilbao, Spanyol, 16 Februari 2017. (ANDER GILLENEA/AFP)

Aritz Aduriz menjadi penyelamat klubnya, Athletic Bilbao, setelah golnya membuat pertandingan melawan Villarreal menjadi berakhir imbang dengan skor 1-1 pada laga lanjutan Liga Spanyol, Minggu (19/11/2017).

Aritz Aduriz mencetak gol melalui sundulan kepala pada menit ke-77 setelah sebelumnya Manuel Trigueros membawa Villareal unggul terlebih dahulu pada babak pertama.

Aduriz memang seperti raja bola-bola udara di Liga Spanyol.

Sejak musim 2003-2004, pemain berusia 36 tahun tersebut adalah pencetak gol terbanyak di Liga Spanyol melalui sundulan kepala dengan koleksi 48 gol.

(BACA JUGA: Juventus Siap Datangkan Anak Lilian Thuram dari AS Monaco)

Menurut catatan Opta yang dilansir BolaSport.com, pada medio yang sama, taka ada pemain lain yang melampaui catatan Aduriz.

Pemain timnas Spanyol ini mengalahkan megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, yang sejauh ini mengoleksi 47 gol sundulan kepala sejak datang ke Liga Spanyol.

Sepanjang kariernya, Aduriz tampil 389 kali di Liga Spanyol dengan membela tiga klub berbeda, Bilbao, Real Mallorca, dan Valencia.

Dari jumlah penampilan tersebut Aduriz sukses mencetak 150 gol, dimana 48 di antaranya dicetak melalui sundulan kepala.

Meski sudah berusia senja, bukan berarti pemain yang sering dipanggil Singa Tua dari Basque ini bisa dipandang sebelah mata soal urusan mencetak gol.