Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Liverpool Vs Manchester City - Rekor Tandang Manchester City di Anfield Tak Kunjung Membaik

By Lariza Oky Adisty - Kamis, 5 April 2018 | 14:32 WIB
Pep Guardiola (kanan) bertegur sapa dengan Juergen Klopp menjelang kick-off partai Liga Inggris antara Liverpool dan Manchester City di Anfield, Liverpool, 14 Januari 2018. (OLI SCARFF / AFP)

Satu kaki Manchester City sudah ada di pintu keluar Liga Champions usai kalah 0-3 dari Liverpool pada pertandingan leg pertama babak perempat final kompetisi sepak bola antarklub Eropa tersebut di Anfield, Rabu (4/4/2018) atau Kamis (5/4/2018) dini hari WIB.

Manchester City kebobolan tiga kali pada babak pertama via Mohamed Salah (menit ke-12), Alex Oxlade-Chamberlain (20'), dan Sadio Mane (31').

(Baca Juga: Dua Pemain AS Roma Jadi Incaran Klub Lain, Monchi 'PeDe' Pertahankan Skuat)

Hasil tersebut bukan saja membuat pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memutar otak untuk mengatasi defisit gol pada leg kedua nanti, melainkan juga memperpanjang rekor buruk Manchester City di Anfield.


Selebrasi penyerang Liverpool FC, Mohamed Salah (kanan), seusai berhasil membobol gawang Manchester City dalam pertandingan leg 1 perempat final Liga Champions 2017-2018 di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, pada Rabu (4/4/2018). ( ANTHONY DEVLIN / AFP )

Catatan yang dihimpun BolaSport.com dari Transfermarkt menunjukkan bahwa dari 38 pertemuan di Anfield, Manchester City hanya menang 3 kali dan 9 kali seri.

Adapun 26 pertandingan selanjutnya berakhir dengan kekalahan untuk The Sky Blues.

(Baca Juga: Mengenang Ray Wilkins, Legenda Klub yang Pernah Asisteni 4 Manajer Chelsea)

Kemenangan terakhir Manchester City di Anfield terjadi pada musim 2002-2003, ketika mereka menang 2-1 pada pekan ke-37 Liga Inggris.

Sisa kunjungan Manchester City ke Anfield setelah itu selalu berakhir dengan kekalahan.

Pada Liga Inggris musim 2017-2018, Manchester City juga sudah kalah 4-3 di Anfield, yang hingga kini menjadi satu-satunya kekalahan Raheem Sterling dkk di kompetisi lokal.