Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Haram Bagi Barcelona untuk Berpikir Telah Lolos dari Adangan AS Roma

By Verdi Hendrawan - Selasa, 10 April 2018 | 07:41 WIB
Ekspresi pelatih FC Barcelona, Ernesto Valverde, dalam laga Liga Spanyol kontra Atletico Madrid di Stadion Camp Nou, Barcelona, pada 4 Maret 2018. (LLUIS GENE/AFP)

Jelang laga leg 2 perempat final Liga Champions 2017-2018 menghadapi AS Roma di Stadion Olimpico pada Selasa (10/4/2018), pelatih FC Barcelona, Ernesto Valverde, melarang para pemainnya untuk berpikir telah lolos.

Satu kaki Barcelona sudah bisa dibilang telah menapaki babak semifinal Liga Champions setelah pada leg 1 berhasil meraih kemenangan meyakinkan, 4-1, atas AS Roma di Stadion Camp Nou, Rabu (4/4/2018).

Terlebih, kemenangan besar tersebut juga sudah diprediksi banyak media dan pengamat sebelumnya mengingat kualitas dan performa kedua tim.

Meski demikian, Valverde meminta para pemainnya untuk membuang jauh-jauh pikiran bahwa mereka telah lolos ke babak semifinal karena masih harus memainkan laga leg 2 kontra AS Roma.

(Baca Juga: Tanpa Courtois, Navas, dan Oblak, Ini 5 Kiper Terbaik Versi Marc-Andre ter Stegen)

Selain bisa menurunkan performa tim, berpikir telah lolos sebelum memainkan laga leg 2 juga bisa membuat para pemain memiliki kepercayaan diri yang terlalu tinggi dan dipercaya dapat menjadi bumerang bagi Barcelona.

"Haram bagi kami untuk berpikir sudah menang. Kami memang mendapat hasil bagus dari leg 1, tetapi kami belum lolos. Kami harus tetap bermain dengan menganggap laga ini masih 0-0 karena apa pun bisa terjadi dalam pertandingan sepak bola," ucap Valverde seperti dikutip BolaSport.com dari UEFA.com.

"Saya telah berkecimpung di dunia sepak bola untuk waktu yang lama dan tahu bahwa hal-hal luar biasa dapat terjadi kapan saja di dalam sepak bola. Kami harus bisa memastikan bahwa tidak ada hal luar biasa. Memiliki kepercayaan diri terlalu besar bisa merugikan kami," tuturnya.

(Baca Juga: Zidane Siapkan Pemain Muda Ini untuk Perkuat Real Madrid saat Menjamu Juventus?)

Dalam 4 pertemuan terakhir kedua tim, Barcelona hanya berhasil memenangi 2 di antaranya.