Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Real Madrid Lebih Mudah Dapatkan Tendangan Penalti jika Bermain di Santiago Bernabeu

By Putra Rusdi Kurniawan - Kamis, 12 April 2018 | 06:56 WIB
Tembakan penalti Cristiano Ronaldo yang melesat masuk gawang Juventus untuk membawa Real Madrid lolos ke semifinal Liga Champions setelah partai di Santiago Bernabeu, Madrid, 11 April 2018. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Real Madrid kerap kali diuntungkan oleh tendangan penalti saat bermain di kandang mereka, Stadion Santiago Bernabeu, pada ajang Liga Champions.

Real Madrid menjamu Juventus pada leg kedua Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis (12/4/2018) dini hari WIB dengan modal keunggulan 3-0 pada laga leg pertama di markas Juventus.

Namun, keunggulan agregat Real Madrid seketika hilang ketika Juventus mampu mencetak tiga gol dalam satu jam.

Si Nyonya Tua kemudian mampu mencetak tiga gol lewat Mario Mandzukic (menit ke-2 dan 37') serta Blaise Matuidi (60') dan menyamakan agregat 3-3.

Ketika laga sepertinya akan dilanjutkan ke perpanjangan waktu, wasit Michael Oliver menunjuk titik putih pada masa tambahan waktu babak kedua setelah Lucas Vazquez dilanggar Medhi Benatia di kotak penalti.

(Baca juga: Pep Guardiola: Lihat Barcelona Hari Ini!)

Tendangan penalti kemudian sukses dieksekusi oleh Cristiano Ronaldo dan membuat El Real unggul agregat 4-3 untuk memastikan langkah ke babak semifinal.

Gol Cristiano Ronaldo ke gawang Juventus membuat Real Madrid telah mendapatkan empat kali tendangan penalti pada ajang Liga Champions musim ini dan semuanya diberikan di Stadion Santiago Bernabeu.


Cristiano Ronaldo merayakan gol penentu kelolosan Real Madrid ke semifinal Liga Champions atas Juventus pada duel di Santiago Bernabeu, Madrid, 11 April 2018.(OSCAR DEL POZO / AFP)

Selain saat bertemu Juventus, tiga hadiah penalti lainnya yang diberikan wasit kepada Real Madrid terjadi pada laga kontra PSG, Tottenham Hotspur dan APOEL.