Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Waduh, Inggris Akan Kirim Tim Pengawas ke Rusia untuk Menghindari Mata-mata di Piala Dunia 2018!

By Taufan Bara Mukti - Rabu, 11 Oktober 2017 | 18:39 WIB
Harry Kane coba menjangkau bola saat timnas Inggris menang 1-0 atas Lithuania pada partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Stadion LFF, Minggu (8/10/2017) malam WIB. (ADRIAN DENNIS/AFP)

Pemerintah Inggris akan mengirimkan tim pengawas untuk mengawal timnas Inggris berlaga di Piala Dunia 2018.

Tim pengawas tersebut bertugas untuk menyisir hotel, tempat latihan, area yang mungkin digunakan Timnas Inggris dari gangguan mata-mata.

Keputusan tersebut diambil pemerintah Inggris karena khawatir data-data rahasia mereka dicuri oleh Rusia.

Dilansir BolaSport.com dari Daily Star, pemain-pemain timnas Inggris diimbau untuk berhati-hati menggunakan fasilitas umum seperti internet di restoran atau hotel.


Striker timnas Inggris, Harry Kane, memasuki lapangan dalam sesi latihan tim di St George's Park, Burton-on-Trent, pada 2 Oktober 2017, sebagai persiapan menjelang laga kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Slovenis (5/10) dan Lithuania (8/10).(PAUL ELLIS/AFP)

Kekhawatiran juga meningkat karena insiden penyerangan yang diduga dilakukan oleh orang-orang Rusia di Piala Eropa 2016 di Prancis.

Tim pengawas juga bertugas menghindarkan bentrokan antara kelompok suporter Rusia dan Inggris selama gelaran Piala Dunia 2018.

"Tim keamanan akan menyertai skuat timnas Inggris ke Rusia. Mereka akan melakukan penyisiran di ruangan sebelum para pemain menggunakannya," kata narasumber seperti dilansir BolaSport.com dari Daily Star.

"Mereka harus diberi hotel yang tenang sehingga dapat santai dan fokus pada pertandingan."

(Baca Juga: VIDEO - Heboh! Perayaan Kelolosan ke Piala Dunia 2018 di Ruang Ganti Timnas Argentina)