Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Italia Genting, Saatnya Berpaling ke Poros Napoli

By Dwi Widijatmiko - Minggu, 12 November 2017 | 23:10 WIB
Gelandang Napoli, Jorginho (tengah), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Manchester City dalam laga Grup F Liga Champions di Stadion San Paolo, Naples, Italia, pada 1 November 2017. (FILIPPO MONTEFORTE/AFP)

Senin (13/11/2017) di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, timnas Italia menghadapi partai hidup mati untuk menentukan langkah mereka ke Piala Dunia 2018.

Timnas Italia akan menjamu Swedia dalam laga kedua babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Gli Azzurri kalah 0-1 pada pertemuan pertama di kandang Swedia tiga hari sebelumnya.

Supaya bisa lolos ke Piala Dunia 2018, timnas Italia butuh meraih kemenangan dengan skor minimal 2-0.

Misi yang tidak ringan mengingat timnas Italia sudah lama tidak bisa mengalahkan Swedia dengan selisih gol di atas satu. Italia terakhir mengalahkan Swedia 2-0 di kandang sendiri pada 1973.

Butuh mendominasi permainan dan mencetak paling tidak dua gol, mungkin ini saatnya timnas Italia berpaling pada poros Napoli.

Poros itu adalah gelandang Jorginho dan penyerang sayap Lorenzo Insigne. Dua orang ini berperan besar membawa Napoli memimpin klasemen Serie A 2017-2018.

(Baca juga: Situasi Kontrak Tak Jelas, 4 Klub Premier League Rela Antre demi Bek Gagal Manchester United)

Jorginho adalah gelandang dengan operan terbanyak di Serie A. Dalam satu pertandingan liga, Jorginho membuat rata-rata 111 operan.

Dia adalah faktor utama mengapa Napoli menjadi tim dengan penguasaan bola tertinggi di Serie A, rata-rata 62 persen per partai.

Sementara itu, Lorenzo Insigne merupakan jagoan pembuat peluang nomor satu di Serie A 2017-2018. Dia bikin rata-rata 3,2 peluang gol musim ini.