Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jelang Lawan Malaysia, Menpora Peringatkan Luis Milla

By Ferril Dennys Sitorus - Rabu, 4 April 2018 | 15:50 WIB
Luis Milla sedang mengawasi latihan Timnas Indonesia U-23. (FERI SETIAWAN/BOLASPORT.COM )

Pertandingan antara timnas Indonesia melawan Malaysia dalam turnamen Anniversary Cup 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, bakal sangat krusia bagi Luis Milla. Pasalnya, pelatih asal Spanyol tersebut akan dievaluasi dalam laga yang digelar pada 27 April tersebut.

"Pertandingan nanti adalah bagian jadwal kami untuk mempersiapkan diri menghadapi Asian Games. Sudah barang tentu akan jadi bagian evaluasi bagi program Luis Milla," kata Menpora Imam Nahrawi di sela pelantikan pejabat Kemenpora di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (4/4/2018).

Evaluasi yang dimaksud, kata dia, sejauh mana kemampuan timnas sebelum menjalani pertandingan resmi pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Agustus nanti.

Apalagi persiapan yang dilakukan oleh pelatih asal Spanyol itu cukup panjang.

Pria asal Bangkalan Madura itu menilai pertandingan antara Indonesia melawan Malaysia sangat penting.

Selain untuk menguji kemampuan tim, pertandingan tersebut dinilai sarat gengsi karena tim asal Negeri Jiran itu juga akan turun di Asian Games nanti.

"Malaysia bukan tim kecil. Jadi semuanya harus disiapkan dengan baik. Peran pelatih sangat penting dalam menentukan pemain," kata Menpora.

Untuk itu, Menpora menghimbau kepada klub melepas pemainnya jika dibutuhkan oleh timnas.

Pihaknya tidak ingin masalah muncul menjelang pertandingan berlangsung karena akan berdampak cukup luas.

"Kita tidak hanya melawan Malaysia, namun juga akan menghadapi Bahrain dan Korea Utara. Sudah barang tentu dibutuhkan pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim," ujar Imam.