Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alasan Fakhri Husaini Ganti Rendy Juliansyah Saat Lawan Myanmar

By Suci Rahayu - Kamis, 2 Agustus 2018 | 10:38 WIB
Penyerang timnas U-16 Indonesia, Rendy Juliansyah, menjelang laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2018 melawan Myanmar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (31/07/2018). (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Timnas U-16 Indonesia mengalahkan Myanmar di Piala AFF U-16, Selasa (31/7/2018) kemarin. Pada laga tersebut, pelatih Fakhri Husaini memutuskan menarik Rendy Juliansyah di tengah pertandingan.

Ditariknya Rendi pada laga tersebut dinilai sebagai keputusan yang mengejutkan. Sebab, Rendi tampil cukup bagus di lini tengah.

Pemain dengan nomor punggung 10 juga memberi assist pada gol pertama yang dicetak Bagus Kahfi.

(Baca Juga: Alfredo Vera Mundur dari Persebaya, Legenda Tim Ditunjuk sebagai Caretaker)

“Tentu ada pertimbangan mengapa saya menarik Rendy. Saya lihat kami butuh pemain dengan karakter yang berbeda di lini tengah,” kata Fakhri kepada BolaSport.com.

Fakhri merasa butuh pemain bertipe petarung di lini tengah. Hal ini tak lain karena Myanmar tampil dengan tempo tinggi dan kerap melakukan kontak fisik.

Karena itu, Rendy digantikan oleh Andre Oktafiansyah.

"Rendy bagus saat dapat bola dan menyerang. Tapi, ketika harus bertahan, saya merasa kami hanya pakai dua pemain tengah, David Maulana dan Brylian Naghieta. Lalu saya masukkan Andre yang karakternya beda,” ujar Fakhri.

Di sisi lain, mantan gelandang Timnas Indonesia ini juga mendapatkan banyak pelajaran dari laga melawan Myanmar.