Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-19 Butuh Uji Coba dengan Tekanan Suporter Lawan

By Jumat, 11 Agustus 2017 | 20:16 WIB
Egy Maulana saat menjalani latihan terpisah dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19, Rabu (9/8/2017) (STEFANUS ARANDITIO/ BOLASPORT.COM)

Tim nasional U-19 akan mendapat tekanan mental dari suporter PSS Sleman. Tekanan diberikan dalam uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (12/8/2017),

Timnas U-19 perlu mendapat tekanan karena akan berlaga di Myanmar di Piala AFF U-18. Tampil di Myanmar, tim Garuda Muda Nusantara tentu hanya sedikit suporter yang memberi dukungan.

“Timnas U-19 sangat butuh uji coba dengan tekanan dari suporter. Ini untuk menguji mental mereka yang akan tampil di negara lain,” kata manajer PSS Arief Juli Wibowo.

Menurut dia PSS tetap akan menurunkan tim terbaik. Namun pelatih Freddy Muli juga memberi kesempatan kepada pemain yang jarang diturunkan.

“Mereka yang jarang dimainkan bukan berarti kualitasnya tidak bagus. Kualitas pemain di skuat PSS sangat merata,” ujarnya.

“Pelatih sampai bingung menentukan siapa yang diturunkan. Akhirnya hanya pemain dengan kondisi terbaik yang masuk tim utama. Jadi saat lawan timnas U-19 pun akan turun dengan komposisi terbaik,” kata dia lagi.

Timnas U-19 sangat diuntungkan dari uji coba tersebut. Mereka akan menghadapi lawan yang lebih senior dan menguji mental karena adanya tekanan dari suporter PSS.

PSS juga memaksimalkan uji coba tersebut. Ini menjadi bagian dari persiapan tim menghadapi babak 16 Besar.

“Jadi, kami serius dalam uji coba ini,” kata Arief.