Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Kriteria Calon Pemain Terbaik Piala Presiden 2018

By Mochamad Hary Prasetya - Jumat, 9 Februari 2018 | 20:31 WIB
Striker Persija Jakarta, Marko Simic, melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawana Mitra Kukar pada babak perempat final Piala Presiden 2018, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (04/02/2018) sore. (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Tim Technical Study Group (TSG) Piala Presiden 2018 sudah mulai bergerak untuk mencari siapa pemain terbaik dalam turnamen pra-musim tersebut.

TSG yang terdiri dari enam orang itu sudah mengumpulkan data sejak babak penyisihan gruo yang akan jadi rujukan putusan di akhir turnamen.

Salah satu anggota TSG, Mundari Karya, mengatakan pihaknya punya dua syarat dasar untuk menjadikan seseorang sebagai pemain terbaik.

Dikatakan Mundari, pemain terbaik di Piala Presiden 2018 itu bukan cuma peran sang pesepak bola berguna untuk tim, tetapi juga sikap di atas lapangan.


Aksi penyerang Bali United, Stefano Lilipaly saat Bali United mengalahkan Borneo FC di Grup D Piala Presiden(YAN DAULAKA/BOLASPORT.COM)

"Yang pertama jelas dilihat seberapa besar perannya untuk tim. Setiap pertandingan, kami kan juga memilih man of the match, jadi nanti dinilai perannya sampai final," ujar Mundari.

"Kedua sikap pemain di lapangan. Apakah dia bisa menjaga sikapnya. Kalau ada dua pemain yang sama bagusnya, kartu yang dia dapat nanti dihitung untuk mengurangi poin," ucapnya menambahkan.

Lebih lanjut mantan pelatih Barito Putera itu mengatakan, kategori pemain terbaik akan diberikan kepada sosok yang tepat.

Karena itulah, menit bermain juga akan jadi penilaian utama pihaknya.


Aksi selebrasi penyerang PSMS Medan, Frets Butuan, seusai mencetak gol pertama PSMS Medan ke gawang Persib Bandung dalam laga Grup A Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kab. Bandung, Minggu (21/1/2018) malam.(ABDI PANJAITAN/BOLASPORT.COM)