Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menteri PUPR Sebut Kerusakan SUGBK Tak Terlalu Parah

By Stefanus Aranditio - Senin, 19 Februari 2018 | 12:00 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat meninjau kerusakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (19/2/2018). (ARIMBI RAMADHIANI/KOMPAS.COM)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memeriksa Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang mengalami kerusakan akibat oknum suporter di final Piala Presiden 2018 pada Sabtu (17/2/2018).

Menurut Basuki, SUGBK mengalami kerusakan yang tidak terlalu parah pasca pertandingan final antara Persija Jakarta Vs Bali United itu.

"Kalau melihat kerusakannya kan saya kira tidak terlalu besar ya. Kalau cuma tadi kami lihat bersama di GBK itu hanya 7 segmen akrilik yang memang roboh," ujar Basuki seusai meninjau kawasan GBK, Senin (19/2/2018).

Selain meninjau kerusakan di dalam stadion, Basuki juga menyoroti kerusakan taman yang mencapai 80 persen.

(Baca Juga: Terpopuler OLE - Dirut SUGBK Bersyukur, AFC Soroti Persija Jakarta Juara Hingga Kekesalan Sandiaga Uno)

Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) Winarto mengatakan, fasilitas lainnya yang rusak akibat pertandingan final tersebut salah satunya kerusakan pintu masuk SUGBK.

"Taman, kemudian pintu 7, pintu 9, lalu pembatas penonton dengan lapangan itu ada frame kerangka akrilik, ada 7 segmen, 1 segmennya 1 meter-lah, jadi 7 meter kira-kira itu lepas," kata Winarto.

Basuki meyakini semua kerusakan tersebut akan ditangani dengan cepat oleh pihak pengelola.

"Saya kira 10 hari selesai itu, enggak sampai seminggu selesai semua," tutup Basuki.