Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Solidaritas Kenaikan Harga Tiket, Suporter Loyalis Persebaya Tidak Hadir

By TB Kumara - Senin, 19 Maret 2018 | 12:19 WIB
Suporter tribun Utara atau Bonek Green Nord 27 (GN27) membentang spanduk protes atas kenaikan harga tiket Persebaya saat laga Blessing Game di Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (18/3/2018). (TB KUMARA/BOLASPORT.COM)

Tidak seperti biasanya di sisi Utara tribun tidak terlihat Bonek Green Nord 27 dengan berbagai spanduk dan perlengkapan lainnya seperti speaker besar dan genderang. Hal yang sama di sisi selatan tribun atau Tribun Kidul.

Menurunnya jumlah suporter disebabkan suporter loyalis Persebaya, Green Nord 27 (GN27) yang biasa penghuni tribun Utara dan Tribun Selatan (Kidul) Suroboyo tidak hadir ke stadion.

Kelompok suporter itu tidak hadir sebagai bentuk solidaritas atas naiknya harga tiket pertandingan sebesar Rp50 ribu.

(Baca Juga: Sudah Komunikasi via Telepon, Ini Respons Bos Bali United atas Keinginan Sylvano Comvalius Kembali)

Laga uji coba terakhir Persebaya bertajuk 'Blessing Game' Persebaya kontra Sarawak FA di Gelora Bung Tomo, Minggu (18/3/2018) tanpa dihadiri suporter loyal Bajul Ijo.

Dari catatan pertandingan panitia pertandingan (Panpel), laga Blessing Game Persebaya disaksikan sekitar 14.751 suporter. Sementara kapasitas Gelora Bung Tomo sekitar 55 ribu.


Gelandang Persebaya, Oktavianus Fernando (kiri) berhasil lepas dari tekel pemain Serawak FA pada laga Blessing Game di Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (18/3/2018).(TB KUMARA/BOLASPORT.COM)

Tidak hanya itu, lemparan botol dan cerawat serta bom asap menyala di tribun. Sehingga Panpel pertandingan sempat beberapa kali memperingatkan agar tidak menyalakan cerawat.

(Baca Juga: Kevin Brands Langsung Ditemui Pelatih Bali United Seusai Didepak, Apa yang Dibicarakan?)

Bonek juga membentangkan spanduk protes untuk mengingatkan kepada manajemen yang bertuliskan 'supporter not customers' dan lain-lain untuk menurunkan harga tiket.

Hasil akhir pertandingan uji coba tersebut, Bajul Ijo julukan Persebaya berakhir dengan skor 2-2.