Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marc Marquez Ternyata Lebih Senang Mengintip Pitboard Pebalap Lain, Kok Bisa?

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 26 Oktober 2017 | 23:51 WIB
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, bereaksi pada konferensi pers jelang GP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Kamis (8/6/2017). (JOSEP LAGO/AFP PHOTO)

Marc Marquez ternyata lebih senang melihat pitboard milik pebalap lain dari pada melihat yang dikeluarkan timnya.

"Tentu, maksud saya, selama balapan saya hanya melihat pitboard pebalap lainnya, milik saya hanya saya lihat di lap-lap terakhir," ujar Marc Marquez saat menjawab pertanyaan fans di konferensi pers jelang MotoGP Malaysia (26/10/2017).

Menurut Marquez hal tersebut mempermudahnya untuk memahami jalannya perlombaan dengan mengetahui posisi dan instruksi balapan dari pebalap lainnya.

"Saya selalu mencoba untuk memahami apa yang mereka (tim) katakan kepada pebalap. Kepada Valentino (Rossi) selalu brake, seperti B-R-K, saya tidak tahu artinya," kata Marc Marquez sambil bercanda.

"Ada yang spesial di sana dan tapi sekarang ada perubahan karena mereka punya pesan di atas layar (pada motor) jadi lebih sulit (untuk mengetahui pesan tim lainnya)."


Marc Marquez setelah memastikan diri mendapat pole position di GP Australia pada Sabtu (21/10/2017) di Sirkuit Phillip Island, Australia.(twitter.com/MotoGP)

(Baca Juga: Nozomi Okuhara dan Kompatriotnya Ini Akan Berebut Tiket BWF Superseries Finals 2017)

Seperti diketahui, para pebalap kini dimanjakan dengan layar tambahan pada motor untuk melihat pesan singkat dari timnya, meski beberapa menyebutnya sebagai hal yang justru menyulitkan.

Marquez juga memanfaatkan fitur tersebut seperti pada balapan GP Australia hari Minggu (22/10/2017) lalu di mana dirinya penasaran dengan posisi penantang juara, Andrea Dovizioso.

"Tentang layar, juga anda melihatnya berkali-kali. Di Phillip Island, contohnya, saya melihat layar untuk tahu di mana Dovizioso," ujar Marquez.

"Karena saya tidak tahu (kondisinya), melihat ke belakang, dan kadang anda hanya dapat informasi dari situ."