Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Performa Buruk Yamaha Movistar Timbulkan Pertanyaan Besar di Benak Kepala Kru Tim Satelit

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 23 Desember 2017 | 13:20 WIB
Dua pebalap MotoGP dari tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales (kiri) dan Valentino Rossi, berbincang-bincang pada sesi konferensi pers di Catalunya, Spanyol, 8 Juni 2017. (JOSEP LAGO/AFP)

Ketimpangan yang terjadi antara tim pabrikan Movistar Yamaha dengan tim satelit, Yamaha Tech3, pada MotoGP musim 2017 menimbulkan tanda tanya.

Meski sempat tampil kuat dan mendominasi seri-seri awal, motor YZR-M1 terbaru milik tim pabrikan Yamaha tampil inkonsisten.

Sedangkan motor tim Tech3 yang notabene menggunakan seri yang lebih lawas justru tidak mengalami masalah.

Terlebih pada saat balapan berlangsung dalam kondisi trek basah, di mana terdapat perbedaan cukup besar dalam hasil yang diraih kedua tim itu.

Kepala kru Yamaha Tech3, Guy Coulon pun bingung dengan kondisi yang dianggap tidak biasa itu.

"Saya tidak yakin 100 persen, tapi saya pikir mereka menguji cukup banyak sasis yang berbeda," kata Coulon dikutip BolaSport.com dari Crash.

"Sepertinya mereka terus menggunakan sasis baru itu karena mereka lebih menyukainya dibanding sasis yang lama."

(Baca Juga: Berikut Jadwal Lengkap IBL 2017-2018 Seri Solo, Pertandingan Hari Natal Jadi Terobosan)

Di saat tim pabrikan Yamaha terus mencoba melakukan perbaikan dengan sasis mereka, tim Tech3 justru merasa nyaman dengan sasis lama yang mereka gunakan.

Guy Coulon tidak melihat adanya perbedaan jarak yang terlalu jauh antara Yamaha Tech3 dengan tim terdepan pada awal hingga akhir musim kejuaraan.