Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klasemen MotoGP 2018 - Pimpin Klasemen Pebalap, Cal Crutchlow Akhiri Kutukan Pebalap Inggris selama 39 Tahun

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 9 April 2018 | 05:24 WIB
Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, merayakan kemenangannya pada seri balap kedua GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Minggu (8/4/2018). (DOK. LCR HONDA MOTOGP)

Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, mencetak sejarah setelah memenangi balapan yang penuh drama pada seri kedua MotoGP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Minggu (8/4/2018).

Cal Crutchlow yang menjadi pemenang, sukses menggeser Andrea Dovizioso (Ducati) untuk memuncaki klasemen pebalap sementara MotoGP.

Berkat kemenangan tersebut, Crutchlow kini mengumpulkan 38 poin dan unggul 3 poin dari Dovizioso yang finis di posisi keenam pada balapan tersebut.

Crutchlow pun menjadi pebalap Inggris pertama yang berhasil memimpin klasemen MotoGP sejak era Barry Sheene di tahun 1979.

Tidak hanya Crutchlow yang mampu memperbaiki posisinya di papan klasemen. Demikian juga halnya dengan pebalap Yamaha Tech3, Johann Zarco.

(Baca Juga: F1 GP Bahrain 2018 - Berbohong saat Balapan Membuat Sebastian Vettel Raih Podium Teratas)

Zarco yang menjadi runner-up sukses naik lima setrip ke peringkat ketiga pada klasemen sementara.

Pebalap Prancis tersebut saat ini sudah mengoleksi 28 poin dan unggul 7 poin atas Maverick Vinales yang berada di peringkat keempat. 

Sementara hasil buruk diraih oleh dua pebalap yang sebelumnya menduduki posisi tiga besar.

Marc Marquez (Repsol Honda) dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) yang sebelumnya menempel posisi Dovizioso di papan klasemen harus terdepak dari posisi mereka.