Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tidak Hanya Rossi-Marquez, Tikungan 13 di Sirkuit Termas de Rio Hondo Juga Pernah Sukses Merusak Hubungan Baik 2 Pebalap Satu Tim Ini

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 10 April 2018 | 06:28 WIB
Aksi Marc Marquez melebarkan 'racing line' pada putaran ke-20 yang menyebabkan Valentino Rossi terjatuh. ( DOK. MOTOGP )

Tikungan 13 dari Autodromo Termas de Rio Hondo, Argentina, menjadi saksi atas insiden penuh kontroversi antara Valentino Rossi (Movistar Yamaha) dan Marc Marquez (Repsol Honda) pada seri kedua GP Argentina, Minggu (8/4/2018).

Marquez yang mengambil sisi dalam tikungan untuk menyalip Rossi melebar hingga membuat The Doctor terjatuh di tikungan tersebut.

Insiden tersebut pun menjadi heboh karena memanaskan kembali perseteruan yang pernah terjadi di antara keduanya pada MotoGP musim 2015.

Jika melakukan kilas balik ke musim 2016, tepatnya pada bulan April, maka ada peristiwa serupa yang saat itu dialami oleh Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone.

Pada ajang MotoGP musim 2016 keduanya sedang membela tim yang sama yaitu Ducati dan menuju ke garis finis dalam posisi yang berdekatan.

(Baca Juga: Marc Marquez Membela Diri, Dia Anggap Manuvernya Wajar dalam Sebuah Balapan)

Iannone yang tidak puas berada di posisi ketiga mencoba untuk menyalip Dovizioso yang berada di depannya pada tikungan 13 dari Autodromo Termas de Rio Hondo.

Sama seperti Marquez, Iannone juga mengambil sisi dalam untuk mendahului Dovizioso dan usahanya tersebut hampir saja berhasil.

Sayangnya Iannone kehilangan kendali dan menabrak Dovizioso yang berada di sebelah kirinya dalam kecepatan tinggi.

Keduanya pun terlempar dari perlombaan GP Argentina tepat di tikungan 13 yang merupakan belokan terakhir kedua sebelum garis finis!