Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

MotoGP Americas 2018 - Marc Marquez Sebut Hal Ini Pegang Peranan Penting Saat Balapan Nanti

By Samsul Ngarifin - Minggu, 22 April 2018 | 12:19 WIB
Pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, usai sesi kualifikasi MotoGP Americas di Circuit of the Americas, Austin, AS, Minggu (22/4/2018) dini hari WIB. (DOK. REPSOL HONDA)

Pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, menyebut pemilihan ban menjadi penting pada balapan hari Minggu.

Marc Marquez memang tampil mendominasi sejak sesi latihan bebas MotoGP Americas pada hari Jumat (20/4/2018).

Bahkan pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Circuit of the Americas, Austin, AS, Marquez berhasil menjadi pebalap tercepat dengan catatan waktu putaran 2 menit 03,658 detik.

Namun, Marquez harus memulai balapan dari posisi keempat usai terbukti bersalah karena memperlambat racing line pebalap tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales, saat sesi kualifikasi.

"Saya meminta maaf kepada Maverick Vinales, tapi saya tidak menyadari bahwa dia ada di belakang saya sampai saya mendengar mesinnya," kata Marc Marquez dikutip BolaSport.com dari situs tim Repsol Honda.

(Baca Juga: MotoGP Americas 2018 - Insiden dengan Vinales Buktikan Marquez Memang Tak Respek dengan Pebalap Lain)

Marquez mengungkapkan bahwa dia menggunakan ban bekas selama sesi latihan bebas dan mampu meraih hasil yang konsisiten.

"Besok saya akan memulai balapan dari posisi keempat. Penting untuk memilih ban yang tepat. Kami telah menggunakan ban bekas dan saya bisa konsisten selama sesi latihan bebas."

"Tapi,.trek ini cukup menuntut fisik dan besok suhu harus lebih tinggi, jadi kami akan lihat besok. Kami akan berusaha dan tetap berkonsentrasi penuh," ujar pebalap berjulukan The Baby Alien.

Pole position akhirnya menjadi milik Maverick Vinales yang saat sesi kualifikasi berada di posisi kedua dengan catatan waktu putaran 2 menit 04,064 detik.

Meski demikian, Marc Marquez tetap menjadi favorit untuk memenangkan balapan di COTA, karena memang memiliki catatan istimewa di sirkuit tersebut dengan lima kemenangan beruntun.