Siapa Pebalap Paling Jago Menyalip pada Ajang F1 Musim 2017?

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 8 Desember 2017 | 23:35 WIB
Para pebalap Formula 1 (F1) bersaing pada balapan GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, 11 Juni 2017, (MARK THOMPSON/AFP)

Berdasarkan rilis resmi yang dikeluarkan Pirelli sebagai partner resmi Formula 1 (F1), sebanyak 435 overtake mewarnai 20 seri balapan pada kejuaraan F1 musim 2017.

Itu berarti ada sekitar 21,8 aksi salip menyalip di antara 20 pebalap yang tampil pada setiap balapan F1 musim ini.

Pirelli mendefinisikan menyalip yaitu ketika seorang pebalap mampu melewatinya dan mempertahankan keunggulan posisinya hingga garis finis pada lap yang sama.

Kecuali hal tersebut, aksi overtake saat lap pembuka atau saat lawan di depannya mengalami masalah mesin tidak masuk ke dalam hitungan.

(Baca Juga: Kocak! Berkomentar tentang Balapan yang Sudah Kadaluwarsa, Lewis Hamilton Malah Jadi Bahan Parodi Netizen)

Oleh karenanya, pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo, dinobatkan menjadi pebalap yang paling banyak menyalip lawannya pada musim ini.

Ricciardo mencatatkan 43 overtake sepanjang musim ini di mana GP Inggris (16/7/2017) menjadi panggung utamanya dengan catatan terbanyak 13 overtake.

Start dari posisi paling belakang, Ricciardo saat itu mampu finis di posisi kelima sehingga diganjar dengan penghargaan "Driver of the Day".

Daniel Ricciardo pun mampu finis di posisi kelima pada akhir kejuaraan setelah mengumpulkan 200 poin dan terpaut lima poin dari Kimi Raikkonen (Ferrari) yang berada satu setrip di atasnya.

 

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on