Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

F1 GP Bahrain 2018 - Berbohong saat Balapan Membuat Sebastian Vettel Raih Podium Teratas

By Akbar Rosidianto - Senin, 9 April 2018 | 03:13 WIB
Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, merayakan kemenangannya pada seri balap F1 GP Bahrain di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Minggu (8/4/2018). (DOK. F1)

Strategi pit merupakan hal terpenting di balapan Formula 1 (F1) dan ini kedua kalinya pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, mengubahnya ketika balapan berlangsung.

Memasuki seri balap kedua F1, Sebastian Vettel berhasil mengunci kemenangan pada GP Bahrain dan mendapat 25 poin tambahan di klasemen sementara.

Vettel memimpin jalannya pertandingan dari awal, dan memilih untuk menggunakan ban soft saat pertama kali melakukan pit stop.

Valtteri Bottas (Mercedes), yang berada di belakang Vettel, membuat pilihan berbeda setelah memilih ban medium yang lebih tahan lama.

Pebalap Ferrari ini mampu memanfaatkan pilihan bannya untuk menjauh dari rivalnya. Namun situasi berubah di penghujung balapan ketika Bottas secara terus menerus memperkecil ketertinggalannya.

(Baca Juga : Kisah Sedih Sean Gelael di Hari Minggu: Start dari Posisi Dua tapi Lalu Mesin Mati)

Sempat berpikir akan disusul oleh rivalnya, Vettel dan Ferrari membuat perjudian dengan tidak melakukan pit stop untuk kedua kalinya.

Pada ahirnya, pebalap asal Jerman tersebut mampu bertahan dan keluar sebagai pemenang.

Sebastian Vettel hanya terpaut sebesar 0,699 detik dari Valtteri Bottas yang menjadi runner-up.

"Saya berpikir dan berbicara di radio saat 10 lap terakhir bahwa semuanya terkendali, namun semua itu bohong," kata Vettel dikutip Bolasport.com dari Motorsport.