Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Liga Super China Dilanda Utang, Oscar dan 6 Pemain Bintang Bisa Hengkang

By Pradipta Indra Kumara - Rabu, 26 Juli 2017 | 19:44 WIB
Pesepak bola asal Brasil, Oscar, menerima karangan bunga dari fans beberapa saat setelah mendarat di Bandara Shanghai pada 2 Januari 2017. Mantan gelandang Chelsea itu direkrut klub Shanghai SIPG dengan nilai kontrak 63 juta dollar AS. (AFP)

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Federasi Sepak Bola China (CFA) telah mengkonfirmasi bahwa ada 18 klub dari Negeri Tirai Bambu yang mengalami kesulitan keuangan.

Dari daftar tersebut, 13 di antaranya berasal dari Liga Super China selaku kasta teratas.

Turut tercantum sejumlah tim raksasa seperti Shanghai Shenhua, Guangzhou Evergrande, Shanghai SIPG, dan Jiangsu Suning.

Klub-klub yang mengalami masalah keuangan ini dihuni oleh beberapa pemain bintang yang beberapa waktu lalu pindah meramaikan Liga Super China.

Dikutip BolaSport dari AS, inilah 7 pemain bintang yang bisa hengkang dari China jika masalah keuangan tersebut tidak terselesaikan.

1. Carlos Tevez (Shanghai Shenhua)


Striker asal Argentina, Carlos Tevez (kiri), saat diperkenalkan sebagai pemain anyar Shanghai Shenhua dalam konferensi pers di Shanghai, China, pada 21 Januari 2017.(CHINA OUT/AFP)

Pemain Argentina ini meninggalkan Boca Juniors pada Desember 2016.

Kepindahan Tevez menjadikannya sebagai pemain dengan bayaran tertinggi di dunia.

Tevez menerima gaji bersih tahunan sebesar 38 juta euro (sekitar Rp 496 miliar).

Pemain berumur 33 tahun yang pernah membela Manchester United itu, kini memiliki nilai pasar 4,5 juta euro (sekitar 69,8 miliar rupiah) menurut Transfermarkt.