Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menurut Pele, Neymar Lebih Mirip Lionel Messi, Bukan Cristiano Ronaldo

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 8 April 2018 | 05:37 WIB
Bintang Paris Saint-Germain, Neymar, merayakan gol bunuh diri yang dicetak bek Olympique Marseille, Rolando, dalam laga Liga Prancis di Stadion Parc des Princes, Paris, pada 25 Februari 2018. (GEOFFROY VAN DER HASSELT/AFP )

Legenda sepak bola Brasil, Pele, menilai Neymar merupakan pemain dengan tipikal permainan lebih mirip Lionel Messi, bukan Cristiano Ronaldo.

Neymar menempati posisi ketiga setelah Ronaldo dan Messi dalam perebutan penghargaan Ballon d'Or pada 2015 dan 2017.

Ia kerap dibanding-bandingkan dengan kedua superstar FC Barcelona dan Real Madrid itu, terutama di negara asalnya.

Pele mengklaim kemampuan Neymar sebagai playmaker lebih mirip dengan gaya Messi, sedangkan Ronaldo cenderung berkarakter sebagai penyelesai akhir.

Menurut Pele, Ronaldo memiliki kesamaan dengan mantan rekan satu timnya di timnas Brasil, yakni Edvaldo Jizidio Neto atau yang lebih dikenal Vava dan Antonio Wilson Vieira Honorio alias Coutinho saat mereka memenangi Piala Dunia 1962.

"Neymar telah dibanding-bandingkan dengan Ronaldo. Jadi, saya sudah mengatakan beberapa kali kepada teman, di Eropa, juga saat wawancara bahwa Cristiano Ronaldo pemain hebat, ia seperti Vava dan Coutinho sebagai penyelesai akhir," kata Pele seperti dilansir BolaSport.com dari Sky Sports.

"Gaya bermain Neymar lebih mirip dengan Messi. Menyusun serangan, tetapi juga mencetak gol," ucapnya.

(Baca Juga: Ini Kata Kiper Liverpool Setelah Melakukan Tepisan Hebat)

Saat ini Neymar tidak tengah tidak bisa bermain karena mengalami cedera kaki.

Namun, megabintang Paris Saint-Germain itu diperkirakan masih memungkinkan pulih tepat waktu dan memperkuat Brasil di Piala Dunia 2018.