Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Melatih Persib Bukan yang Pertama Bagi Yaya

By Fifi Nofita - Rabu, 23 Agustus 2017 | 13:52 WIB
Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya seusai memimpin latihan Maung Bandung di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (22/8/2017). (FIFI NOFITA/BOLASPORT.COM)

Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya mendapatkan tugas untuk memimpin skuat Maung Bandung pada laga tandang kontra Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Jayapura, Senin (28/8/2017).

Yaya mendapatkan tugas tersebut, karena caretaker pelatih Persib, Herrie Setyawan saat ini sedang mengikuti kurus kepelatihan lisensi A AFC di Sawangan, Depok.

Menurut Yaya, tugas memimpin tim Persib dalam menghadapi pertandingan resmi bukanlah yang pertama.

Baca Juga:

Karena pada tahun 2003 ia sempat berada di posisi yang sama ketika Maung Bandung ditangani oleh pelatih asing asal Chile, Juan Paez.

"Waktu itu masih liga Indonesia, waktu itu pelatihnya masih Juan Paez. Dia kena hukuman dua pertandingan, kita di sini home lawan Persik Kediri sama Persijap Jepara kalau gak salah dia gak bisa dampingi tim. Kemudian Juan Paez sakit juga," ucap Yaya.

"Jadi ini mungkin pengalaman yang keempat buat saya di Persib diberikan kepercayaan sementara, karena kebetulan belum ada pelatih dan pak Jose juga sedang kursus lisensi A," tambahnya.

Yaya menuturkan, meski bukan yang pertama memimpin tim pada sebuah pertandingan resmi, namun pria yang baru mengantongi lisensi B AFC ini merasa banyak perbedaan yang dirasakan olehnya.

Karena pada saat ini, sesi latihan sudah dipimpin olehnya, walaupun program disiapkan bersama tim pelatih Persib lainnya.

"Jadi pengalaman kali ini tentu saja akan terasa lain, karena saya diberi kewenangan full dari sejak menit pertama sampai akhir latihan secara langsung menangani tim," jelas Yaya.