Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gagal Juara, Pelatih Persipura Ikhlas

By Mochamad Hary Prasetya - Sabtu, 4 November 2017 | 18:15 WIB
Pelatih Persipura, Wanderley Junior. (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Persipura Jayapura dipastikan gagal mempertahankan gelar juara setelah dikalahkan PS TNI dengan skor 1-2 dalam pekan ke-33 Liga 1 2017 di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (4/11/2017). Pelatih Persipura, Wanderley da Silva, mengungkapkan faktor kegagalan timnya meraih juara musim ini.

Kekalahan dari PS TNI membuat Persipura saat ini baru memiliki 59 poin dan duduk di posisi keempat dengan menyisahkan satu pertandingan sisa.
 
Poin maksimal yang dimiliki tim berjulukan Mutiara Hitam tersebut hanya 62 angka. Sementara Bhayangkara FC yang berada di puncak klasemen sudah mengumpulkan 63 poin dan menyisahkan satu pertandingan.
 
Wanderley mengatakan, Persipura sudah menunjukan permainan terbaiknya di Liga 1. Fokus tim berjulukan Mutiara Hitam itu untuk menyelesaikan setiap pertandingan demi mendapatkan poin sempurna.
 
"Tujuan utama kami sore ini seharusnya bisa meraih kemenangan melawan PS TNI agar kami masih bisa berpeluang merebut gelar juaral, tapi kami gagal mendapatkan tiga poin," kata Wanderley selepas pertandingan melawan PS TNI.
 
"Kami sedikit sedih tapi ini sepak bola dan kami harus menerima dengan baik. Kami harus belajar lagi untuk apa yang kurang dan kembali lagi ke Persipura demi lebih baik lagi musim depan," ucap Wanderley menambahkan.
Wanderley memang bukan pelatih yang sejak awal membesut Persipura. Pelatih asal Brasil itu datang selepas Liestiadi mengundurkan diri di putaran pertama.
 
Hadirnya Wanderley memang membawa angin segar bagi Persipura lantaran Boaz Solossa dkk selalu berada di lima besar. Wanderley pun ikhlas Persipura gagal mempertahankan juara musim ini.
 
"Tujuan kami memang tidak tercapai tapi kami harus tetap bersyukur," ucap Wanderley.
 
Terkait pertandingan melawan PS TNI, Wanderley mengatakan PS TNI bermain sangat pintar. Tim asuhan Rudy Eka Priyambada itu berhasil mengembalikan kedudukan menjadi 2-1 atas Persipura lewat gol dari Ahmad Nufiandani dan Manahati Lestusen, sementara gol Persipura dibukukan Osvaldo Haay.
 
Persipura masih menyisahkan satu pertandingan lagi menghadapi Sriwijaya FC di Stadion Mandala, Jayapura, Minggu (12/11/2017). Wanderley meminta kepada anak-anak asuhnya untuk melupakan kekalahan dari PS TNI.
 
"Kami harus maksimalkan laga terakhir di kandang untuk meraih kemenangan demi berada di papan atas," ucap Wanderley.