Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bek Timnas U-19 Ini Enggan Disamakan Dani Alves

By Suci Rahayu - Sabtu, 11 November 2017 | 18:06 WIB
Bek kanan Madura United dan Timnas Indonesia U-19, Rifad Marasambessy. (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Aneka julukan dan kelakar dikeluarkan oleh komentator yang memandu tayangan laga Timnas Indonesia U-19 di ajang Pra Piala Asia 2018 yang lalu. Salah satunya adalah menyamakan Rifad Marasabessy dengan Dani Alves.

Gaya bermain Rifad yang agresif dinilai sesuai dengan sosok Dani Alves. Kebetulan, kedua pemain menempati posisi yang sama yakni bek kanan.

Mereka punya naluri menyerang yang tinggi meski menjadi bek.

Rupanya julukan ini justru membuat Rifad merasa tidak nyaman.

Pemain yang membela klub Madura United ini merasa bahwa dirinya tidak sepatutnya dibandingkan dengan bintang kelas dunia seperti Dani Alves.

“Jangan samakan saya dengan Dani Alves. Dia adalah pemain top. Sementara saya di sini masih bukan siapa-siapa dibanding dengan dia,” ujar Rifad.

Rifad selama ini memang jadi pilihan utama Indra Sjafri untuk mengisi posisi di bek kanan Timnas U-19.

Peran pemain asal Tulehu ini tidak tergantikan, sejak di Toulon Cup, Piala AFF U-18 hingga di Pra Piala Asia 2018 lalu.

Dari tiga ajang tersebut, Rifad mengakui banyak mendapatkan pengalaman berharga.

Salah satunya adalah bermain di berbagai kondisi cuaca. Saat bermain Toulon Cup dan Pra-Piala Asia misalnya, ia bermain di kondisi cuaca yang sangat dingin.

“Ada pengalaman bermain di berbagai cuaca yang sangat berbeda dengan di sini. Tapi, bagi saya itu tidak menjadi masalah lagi. Bermain di cuaca seperti apa kalau sekarang sudah siap-siap saja pokoknya,” kata pengidola Ronaldinho tersebut.

Pengalaman membela timnas U-19 juga membuat Rifad makin sadar akan besarnya tanggung jawab yang ia emban sebagai pemain sepak bola.

Ia sadar bahwa saat ini dirinya sudah menjadi representasi dari negara di pentas internasional.

“Yang penting tanggung jawab kalau kami di timnas. Kami ikuti apa kata pelatih. Membela timnas Indonesia kami harus tahu seperti apa yang jadi tanggung jawab kepada negara,” tutur Rifad.