Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSM Makassar Vs PSIS Semarang - Sundulan Wiljan Pluim Bawa Juku Eja Unggul di Babak Pertama

By Andrew Sihombing - Minggu, 25 Maret 2018 | 16:31 WIB
Pemain PSM Makassar, Willem Jan Pluim, melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC dalam pekan ke-30 Liga 1 2017 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (19/10/2017) malam (FERNANDO RANDY/BOLA/BOLASPORT)

Sundulan pemain asal Belanda, Wiljan Pluim, membawa PSM Makassar untuk sementara unggul 1-0 atas tim tamu PSIS Semarang dalam duel Liga 1 2018 di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (25/3/2018).

Kendati bermain di depan dukungan suporter sendiri dan menghadapi lawan berstatus tim promosi, PSM Makassar tidak terlalu nyaman di babak pertama laga. 

Permainan rapat tim tamu, yang ternyata juga tidak segan menyamai formasi 4-3-3 milik PSM, membuat Marc Klok Cs kesulitan menciptakan peluang berarti. 

Sebagaimana dilansir BolaSport.com dari Labbola, tuan rumah besutan Robert Rene Alberts cuma bisa membukukan penguasaan bola 51 persen di pengujung babak pertama.

(Baca Juga: Persija Cuma Pakai SUGBK saat Lawan Arema, Persib, dan Persebaya?)

PSM bahkan cuma bisa melepas 1 tembakan di babak pertama, yaitu sundulan Wiljan Pluim yang tak bisa dihalau kiper PSIS, Jandia Eka Putra, pada menit ke-29. 

Gol Pluim ini berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan Zulkifli Syukur di sisi kiri pertahanan PSIS. 

Bola yang dilempar Zulkifli terlepas dari penguasaan Guy Junior, namun mengalir ke M. Arfan. 

Gelandang muda yang disebut terakhir ini kemudian melepas umpan silang ke kotak penalti yang berhasil dimaksimalkan oleh sundulan Pluim. 

Adapun PSIS tercatat melepas dua tembakan di babak pertama, namun masih melenceng dari gawang Rivki Mokodompit.