Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bantah PT LIB, PSSI Pastikan Tak Ada Wasit Asing di Liga 1 2018!

By Mochamad Hary Prasetya - Kamis, 29 Maret 2018 | 14:36 WIB
Wasit Asing asal Iran, Seyed Vahitd Kezemi (2 dari kanan) saat pertandingan Madura United Vs Bhayangkara FC di Stadion Bangkalan, Madura, Rabu (8/11/2017) malam. (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, memastikan bahwa tidak ada wasit asing yang bakal ditugasi memimpin pertandingan pada Liga 1 2018

Pada pagelaran Liga 1 2017 terdapat beberapa wasit asing asal Australia dan negara-negara Asia lainnya.

Wasit itu didatangkan agar jalannya pertandingan Liga 1 2017 bisa lebih adil dan memuaskan kedua tim.

Namun, Joko memastikan penggunaan wasit asing itu tak dilanjutkan pada kompetisi kasta teratas Indonesia musim ini.


Wasit asing Seyed Vahitd Kazem asal Iran memberikan kartu kuning pada pemain Madura United saat melawan Bhayangkara FC, Rabu (8/11/2017) malam.(SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

"Saya pastikan wasit asing tidak ada," kata Joko.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Berlinton Siahaan, sempat mengatakan bahwa di Liga 1 2018 akan ada wasit asing.

Namun, Berlinton tidak bisa menyebutkan berapa jumlah dan asal negara wasit asing tersebut dikarenakan itu merupakan tugas PSSI yang berkomunikasi dengan federasi sepak bola negara lain sebelum mendatangkan pengadil lapangan itu ke Indonesia.

"Jadi, kemarin waktu Pak Berlinton bilang akan ada tiga wasit asing, itu bukan untuk memimpin pertandingan," ucap Joko.


Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono (kanan), berbicara dalam acara pelepasan yang berlangsung Jumat (27/10/2017) sore di kawasan Green Forest,Parongpong,Kabupaten Bandung Barat.(BUDI KRESNADI/BOLASPORT.COM)