Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bukan Cuma Kontra Persib, Satu Laga Persija Bulan Depan Juga Kemungkinan Diundur

By Muhammad Robbani - Jumat, 27 April 2018 | 00:43 WIB
Selebrasi penyerang Persija Jakarta, Marko Simic, seusai mencetak gol dalam pertandingan kelima Grup H Piala AFC 2018 melawan Johor Darul Takzim di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/4/2018). (GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.COM )

Persija Jakarta kemungkinan juga akan meminta jadwal ulang laga pekan ketujuh Liga 1 2018 kontra tuan rumah Perseru Serui.

Persija dijadwalkan akan menghadapi Perseru di Stadion Marora, Serui, Minggu (6/5/2018), pukul 13.30 WIB atau 15.30 WIT.

Namun jadwal laga itu terasa berat buat Persija yang dua hari setelahnya harus bertandang ke markas Home United pada semifinal zona ASEAN Piala AFC, Selasa (8/5/2018).

Belum lagi, Persija kemungkinan akan menjamu Persib Bandung pada 3 Mei, sebagai imbas penjadwalan ulang laga pekan keenam Liga 1 itu.

"Kalau kami main tanggal 3 (Vs Persib), masih ada 3 hari untuk bersiap lawan Perseru," kata pelatih Persija, Stefano Cugurra kepada wartawan di Lapangan TNI PSAU, Jakarta Timur, Kamis (26/4/2018).

"Tapi tanggal 6 ke 8 (Vs Home United) itu tak mungkin. Regulasi AFC mewajibkan klub untuk datang ke Singapura 2 hari sebelum laga," tegasnya.

(Baca juga: Pelatih Persija Tertawa Timnya Dituding Minta Jadwal Ulang demi Duo Timnas)

Jika semua pertandingan digelar sesuai rencana, Persija akan menghadapi jadwal padat dengan bermain sebanyak 8 kali sepanjang Bulan Mei.

Stefano Cugurra menyebut bahwa jadwal pertandingan kontra Perseru tak memungkinkan buat Persija karena keikutsertaan mereka di Piala AFC.

(Baca juga: Setelah Diundur, Persija Belum Tahu Tanggal Pasti Laga Kontra Persib)

"Saya dan tim tentu tak bisa datang ke dua tempat itu. Belum lagi ada banyak pertandingan Bulan Mei. Jadwal harus dibuat sesuai standar FIFA dan AFC."

"Seperti jadwal melawan Perseru, hari itu kami harus datang ke Singapura, yakni 2 hari sebelum laga Piala AFC," tuturnya menjelaskan.

Ucapan Teco bisa kita lihat implementasinya di jagat sepak bola Eropa.

Jadwal klub di kompetisi domestik biasanya akan ditangguhkan jika berbenturan dengan ajang internasional.

Misalnya, jadwal Real Madrid di Liga Spanyol berbenturan dengan pertandingan Piala Dunia antar klub.

Maka, pertandingan Real Madrid di kompetisi domestik akan dijadwal ulang untuk mengakomodasi sekaligus mendukung mereka di ajang internasional.