Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rampung Lebaran, Pelatih Persis Solo Matangkan Reposisi Pemain

By Christina Kasih Nugrahaeni - Jumat, 15 Juni 2018 | 22:55 WIB
Pemain Persis Solo merayakan kemenangan atas Persibo Bojonegoro dalam laga persahabatan derbi Bengawan di Stadion Letjen H Sodirman Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (10/06/2018) malam. (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Pelatih Persis Solo, Jafri Sastra, sudah menyiapkan program dalam agenda latihan setelah lebaran. Mematangkan pemain dengan multiposisi jadi salah satu program yang akan dilakukan.

Jafri memang menjajal beberapa pemain yang bisa ditempatkan di bukan posisi aslinya dalam beberapa uji coba terakhir.

Termasuk saat mengalahkan tuan rumah, Persibo Bojonegoro, dua gol tanpa balas dalam latih tanding sebelum libur lebaran.

Okky Derry Andriyan misalnya. Mantan pemain pemain Arema FC itu dicoba bermain sebagai bek kanan, meski posisi aslinya sebagai bek tengah. Lalu Iqbal Samad yang selama kompetisi bermain sebagai full back kanan juga digeser ke sisi kiri, menggantikan wakil kapten, Soni Setiawan.

Beralih ke lini tengah, pemain muda Ade Fanny yang semula beroperasi di sektor bek kanan didorong menjadi seorang gelandang. Sementara mantan pemain Cilegon United, Jalwandi bermain sebagai ujung tombak dari sebelumnya sebagai penyerang sayap.

(Baca Juga: Status Cristian Gonzales Belum Jelas, Pelatih PSS Sleman Tak Ingin Bergantung)

"Beberapa eksperimen yang kami coba berjalan cukup bagus, meski masih perlu perbaikan. Setidaknya kami bisa memiliki banyak alternatif seandainya ada pemain yang cedera atau terkena akumulasi kartu," kata Jafri Sastra kepada BolaSport.com, Jumat (15/6/2018).

Meski beberapa percobaan reposisi berjalan lancar, namun Jafri mengaku belum sepenuhnya yakin. Setidaknya sang pelatih butuh sekali atau dua kali uji coba sebagai pemantapan.

"Kami sejak awal memang mengkreasi beberapa pemain yang berpotensi mengisi posisi tidak sesuai aslinya. Situasi seperti ini sangat penting untuk membantu kedalaman skuat menghadapi panjangnya kompetisi," ujar pelatih asal Tanah Minang itu.