Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

'Eta Terangkanlah' Komentar Warganet Ketika Melihat Bentuk Winglet di Motor Ducati Desmocedisi

By Agus Triyanto - Sabtu, 5 Agustus 2017 | 09:50 WIB
penampakan Winglet di Ducati Desmosedici (Instagram)

Federasi MotoGP telah melarang penggunaan winglet pada motor balap MotoGP karena alasan keselamatan pebalap di lintasan.

Untuk menghindari fairing depan yang berbentuk sayap itu, bagian depan motor tidak diperbolehkan menonjol lebih dari 150 mm secara vertikal. Dan bentuknya juga tak boleh mirip sayap.

Dan sebelum seri MotoGP Republik Ceska digelar, Ducati kembali menguji coba memasang elemen atau aksesoris berbentuk seperti sayap.

(BACA JUGA: Curhatan Valentino Rossi dan Maverick Vinales pada Free Practice MotoGP Ceska)

Jorge Lorenzo menjadi pebalap Ducati yang menguji penggunaan winglet di motor Ducati Desmosedici 2017.

Pebalap asal Spanyol itu mengaku senang dengan penambahan fairing winglet di motor Ducati Desmocedisi karena memberikan efek positif pada saat di geber di lintasan.

"Hanya memakainya dalam lima lap, saya merasa kami memiliki potensi lebih baik menggunakan winglet ini," ujar Lorenzo dikutip BolaSport.com dari crash.net.

Lorenzo menilai dengan adanya elemen baru di motornya cukup membantu ketika melaju di atas lintasan.

Fan pun menanggapi beragam terkait pengujian winglet di motor Ducati Desmocedisi itu. Ada yang setuju karena peforma motor jadi maksimal dan stabil. ada juga yang berkomentar bentuknya seperti nasi kotak.

@wind.feb: "Ada aja cara buat ngakalin winglet yg dilarang lebar nya hampir sama kayaknya ama winglet, cuma bentuknya beda."