Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

VIDEO: Media Malaysia Wawancarai Atlet Indonesia dan Warga Malaysia Soal Insiden Bendera Terbalik

By Agus Triyanto - Senin, 21 Agustus 2017 | 14:48 WIB
harian metro Youtube (Youtube.com)

Insiden bendera Indonesia yang terbalik dalam majalah souvenir di pembukaan ajang SEA GAMES 2017 Kuala Lumpur ramai diperbincangkan di media berita Malaysia.

Kesalahan yang dilakukan pihak penyelenggara Sea Games 2017 di Kuala Lumpur itu membuat publik Indonesia geram dan marah.

Banyak meme dan aksi 'balas dendam' yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia beredar di sosial media.

Kini, Media berita Malaysia, Harian Metro juga ikut mengangkat berita tersebut, mereka mewawancari beberapa atlet Indonesia yang mengikuti ajang Sea Games 2017.

Dalam video itu tampak beberapa Atlet Indonesia, Hendra Purnama (Panahan),  Richard Oscar Laim (Tinju), Habibi Wahid (Ping Pong) angkat bicara saat dimintai pendapat terkait insiden itu.

Rata-rata mereka menyampaikkan kepada wartawan, meminta masyarakat untuk tidak terpancing emosi biar pemerintah yang mengurus.

"Agak kaget waktu melihat di sosial media. Saya berharap Malaysia lebih berhati-hati, karena ini event besar, dan menghimbau masyarakat Indonesia tetap tenang, biar pemerintah yang bertindak," ucap Hendra Purnama.

Warga Malaysia, Raja Aisha Hidatul Raja Azman juga berharap isu tak berlanjut karena kedua menteri telah bertemu untuk minta maaf.

"Kedua negara telah bertemu, saya harap isu itu tak berlanjut. kesilapan macam itu tak pernah terjadi lagi lah, dan bila malaysia jadi tuan rumah pula, kita buat yang terbaik lagi."

Seperti diketahui Menteri Belia dan Sukan Malaysia, Khairy Jamaluddin, telah melakukan pertemuan dengan Menpora Indonesia di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Minggu (20/8/2017) untuk meminta maaf terkait insiden bendera terbalik itu.