Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rajin Fitness tetapi Masih Tetap Gemuk? Ini Penyebabnya

By Muhammad Shofii - Selasa, 20 Maret 2018 | 21:22 WIB
Ilustrasi bench press ( kompas.com )

Saat ini, siapa yang tidak mengenal fitness? Dapat dipastikan hampir seluruh masyarakat terutama kaum muda perkotaan sudah sangat familiar dengan aktivitas olahraga yang satu ini. 

Fitness bahkan sudah bukan lagi sekadar kegiatan olahraga tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern, tentu saja banyak di antaranya yang memiliki tujuan demi mendapatkan bentuk tubuh ideal, kebanyakan untuk menurunkan berat badan.

Berbagai tahapan-tahapan fitness pun telah diikuti namun terkadang sangat banyak pula yang akhirnya gagal mencapai target, yaitu menurunkan berat badan. Apakah penyebabnya?

(Baca juga: Tiba di Indonesia, Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya Langsung Disambut Perempuan Cantik nan Menggoda Ini)

Hal tersebut dikarenakan kebanyakan orang langsung mengonsumsi makanan dalam jumlah besar setelah fitness dengan alasan, banyak tenaga yang telah terkuras.


Ilustrasi deadlift ( kompas.com )

Konsumsi makanan dalam jumlah besar setelah beraktivitas itulah yang menyebabkan kegiatan fitness menjadi sia-sia.

Alangkah baiknya, sebelum memulai dan mengakhiri aktivitas fitness, sebaiknya mengonsumsi makanan dalam skala kecil seperti buah-buahan dan konsumsi makanan dalam skala besar dilakukan minimal satu jam setelah kegiatan dilakukan.

Dengan terlebih dahulu mengonsumsi makanan dalam skala kecil yang lebih banyak mengandung protein, maka hal itu dapat mengontrol nafsu makan ketika mengonsumsi makanan dalam skala besar yang lebih banyak mengandung karbohidrat dan lemak.