Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mauricio Pochettino: Sepak Bola Bukan Hanya Soal Uang

By Ahmad Tsalis Fahrurrozi - Rabu, 18 April 2018 | 09:31 WIB
Ekspresi pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, dalam laga Liga Inggris kontra Manchester United di Stadion Wembley, London, pada 31 Januari 2018. (IAN KINGTON/AFP)

Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, menyebut bahwa kesuksesan tim dalam menjuarai suatu kompetisi dapat diraih dengan atau tanpa kekuatan finansial. 

Tottenham Hotspur memang telah kehilangan kesempatan memenangkan Liga Inggris musim ini.

Tim berjulukan Lili Putih itu kini tinggal berjuang agar ia tak keluar dari empat besar klasemen hingga musim ini usai.

Kendati pencapaian musim ini tak memuaskan, sang pelatih, Mauricio Pochettino optimistis bahwa Tottenham bisa mengalahkan Manchester City untuk memenangi Liga Inggris pada musim mendatang.

Usai menyelamati pelatih Man City Pep Guardiola pada pekan lalu, pelatih berkebangsaan Argentina itu menyatakan harapannya dengan sungguh-sungguh.

(Baca Juga: Zinedine Zidane Tampik Masalah Kesenjangan Pilihan Pada Lini Depan Real Madrid)

"Tentu bukan tak mungkin bagi kami untuk memenangi Liga Inggris. Yang harus kami lakukan hanyalah berusaha menjalani permulaan musim dengan baik, dan saya yakin itu tak mudah," ucap Pochettino dikutip BolaSport.com dari laman ESPN.

"Uang tentu mampu membantu, namun dalam sepak bola uang saja tak cukup untuk memenangi suatu kejuaraan," Pochettino menambahkan.

Pelatih 47 tahun itu juga mengakui bahwa peranan uang dalam siklus hidup klub memang sangat penting tetapi gelar juara adalah kebahagiaan.

Mantan pemain dan pelatih Espanyol itu memberi pengandaian bahwa seorang kekayaan bukanlah hal mutlak yang menciptakan kebahagiaan bagi manusia.