Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Juergen Klopp: Saya Bisa Menulis Buku tentang Taktik Pertahanan

By Kautsar Restu Yuda - Senin, 25 September 2017 | 18:18 WIB
Manajer Liverpool FC, Juergen Klopp, menghadiri konferensi pers di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, pada 12 September 2017. (ANTHONY DEVLIN/AFP)

Manajer Liverpool Juergen Klopp, mengklaim bahwa dirinya memiliki pemahaman yang baik terhadap cara bertahan yang benar

Hal itu merupakan pembelaan terhadap lini belakang Liverpool yang dinilai masih goyah.

Kesalahan pertahanan, terutama ketika menghadapi eksekusi bola mati, membuat Liverpool kehilangan kemenangan saat melawan Watford, Burnley dan Sevilla.

Liverpool kebobolan lagi dari tendangan sudut saat melawan Leicester City pada partai lanjutan Liga Inggris, Sabtu (23/9/2017).

(Baca Juga: Pep Guardiola: Ada yang Lebih Penting dari Mencetak Banyak Gol)

Beruntung, mereka mampu mempertahankan kemenangan 3-2 berkat penyelamatan Simon Mignolet terhadap sepakan penalti Jamie Vardy.

Klopp mengakui bahwa pertahanan Liverpool terlalu mudah untuk ditembus, tetapi tetap percaya diri untuk menyolidkan tembok timnya.

"Sudah jelas kami kebobolan terlalu banyak, tidak diragukan lagi," katanya yang dikutip BolaSport.com dari Goal International.

"Itu sangat sulit bagi saya. Biasanya, saya adalah pelatih pertahanan yang sangat bagus, tetapi jelas pekerjaan saya tidak terlalu bagus sejauh ini, tapi kami akan baik-baik saja," ucap Klopp.

Menurut manajer asal Jerman itu, hal paling utama dalam bertahan adalah disiplin taktis.