Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Petuah Juergen Klopp buat Steven Gerrard

By Dian Savitri - Senin, 26 Maret 2018 | 20:20 WIB
Pelatih Liverpool FC, Juergen Klopp, memimpin sesi latihan timnya di Melwood Training Ground, Liverpool, Inggris, pada 5 Maret 2018. (ANTHONY DEVLIN/AFP)

Sebagai pelatih, Steven Gerrard belum memiliki level seperti yang dipunyai oleh pelatih tim senior Liverpool, Juergen Klopp.

Eks kapten The Reds yang kini menangani Liverpool U-18 itu jadi sama sekali tidak keberatan menerima nasihat dari Klopp.

Sejak awal musim ini, Steven Gerrard ditunjuk sebagai pelatih Liverpool U-18 dan membawa timnya berada di urutan ketiga klasemen Premier League U-18.

“Saya sangat senang Steven menikmati menjadi pelatih. Tidak banyak pemain sekelas dirinya yang mau berkutat dengan tim junior lebih dulu sebelum ke tim senior,” kata Juergen Klopp seperti dikutip Bolasport.com dari Sky Sports.

(Baca Juga: Setelah Spanduk Hinaan, Egy Maulana Perlu Bersiap Menerima Sambutan ala Pelahap Maut di Film Harry Potter)

“Karena itulah saya katakan kepadanya bahwa melatih adalah proses belajar. Kalau sudah siap untuk mempelajarinya, maka tidak perlu menjadi orang jenius untuk sukses.

Steven hanya butuh sibuk dan tertarik pada kepelatihan dan semuanya akan terjadi dengan sendirinya,” lanjut eks pelatih Borussia Dortmund itu.

“Steven punya keuntungan lebih. Dia adalah bekas pemain kelas dunia. Dia tahu semua tentang sepak bola dan saya yakin dia juga punya banyak ide.

Tetapi, kalau hanya itu yang dipunyai, seorang pemain kelas dunia tapi tidak siap untuk belajar, maka semuanya tidak akan membantu,” ujar Klopp lagi.

Gerrard mengakui bahwa bisa belajar dan mendapatkan arahan dari Klopp sangat tak ternilai.