Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tak Lagi Jadi Bek Kanan, Kyle Walker Punya Peran Baru di Timnas Inggris

By Putra Rusdi Kurniawan - Sabtu, 24 Maret 2018 | 23:03 WIB
Aksi bek Manchester City, Kyle Walker, saat mengontrol bola dalam laga Grup F Liga Champions 2017-2018 melawan Napoli di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, pada 17 Oktober 2017. (OLI SCARFF / AFP)

Bek sayap kanan Manchester City, Kyle Walker punya peran baru di timnas Inggris yaitu sebagai bek tengah.

Kyle Walker ditempatkan sebagai bek tengah oleh pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate saat Tim Tiga Singa mengalahkan Belanda 1-0 dalam pertandingan uji coba di Stadion Amsterdam, Sabtu (23/3/2018).

Kyle Walker yang posisi aslinya adalah bek sayap kanan dalam laga tersebut dimainkan bersama Joe Gomez dan John Stones sebagai bek tengah dalam sekema tiga bek yang diusung oleh Gareth Southgate.

Keputusan Gareth Southgate mengubah posisi pemain 27 tahun ini terbukti cukup sukses karena Inggris mampu menahan serangan Belanda dan tak kecolongan dalam laga ini.

Gareth Southgate sendiri mengatakan bahwa keputusannya memainkan Kyle Walker di bek tengah karena melihat permainan mantan pemain Tottenham Hotspur di Manchester City.

(Baca juga: Bocah Rp193 Miliar Bikin Pemain Borussia Dortmund Kesal)

"Di belakang kami memainkan tiga bek, kami tahu posisi itu akan cocok untuk Joe Gomez ketika kami memainkannya di sana pada bulan November dan itu sama untuk Kyle Walker," ujar Gareth Southgate dilansir BolaSport.com dari Manchester Evening News.

"Karena dia adalah bek sayap maka kemampuan mereka dalam mengusai area pertahanan pasti baik dan jika anda menonton Manchester City maka anda melihat Walker bisa berada dimana-mana."

Mantan pemain Middlesbrough ini juga menambahkan bahwa memiliki pemain yang bisa bermain di dua posisi yang berbeda akan sangat menguntungkan bagi Inggris.

"Jika kita punya orang-orang seperti Kyle Walker dan Eric Dier yang dapat menyerang dan beertahan sama baiknya maka itu memungkinkan kita memiliki banyak pilihan dalam mengembangkan serangan," ujar Southgate menambahkan.