Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pitch Invader Masuk, Keamanan Sekitar Lapangan Langsung Diperketat

By Firzie A. Idris - Minggu, 15 Juli 2018 | 23:54 WIB
Situasi berbeda di dalam Stadion Luzhniki setelah ada penonton menerobos masuk ke lapangan saat final Piala Dunia 2018. (FIRZIE A. IDRIS/BOLASPORT.COM)

Suatu insiden mengganggu jalannya pertandingan final Piala Dunia 2018 pada babak kedua.

Laporan Firzie A. Idris dan Herka Yanis Pangaribowo dari Moskow

Laga final Piala Dunia 2018 antara timnas Prancis dan timnas Kroasia pada Minggu (15/7/2018) terganggu sejenak pada medio babak kedua karena masuknya 4-5 orang tak berwenang ke dalam lapangan.

Mereka berlarian ke segala arah dari sisi gawang kiper Prancis, Hugo Lloris. Keempatnya tampak menggunakan kemeja putih dan dasi dalam beraksi.

Para steward membutuhkan waktu cukup lama untuk menarik para pitch invader ini dari lapangan yang membuat laga berhenti.

(Baca Juga: Main di Laga Final Piala Dunia, Didier Deschamps dan Kylian Mbappe Cetak Sejarah Penting)

Setelah kejadian tersebut, pihak keamanan langsung memperketat jumlah steward yang bertugas untuk mengawasi tribune penonton.

Kini, jarak para steward yang pekerjaannya adalah memerhatikan tribune dari sisi lapangan bermain tersebut tampak tak lebih dari satu rentang tangan orang dewasa.

Hal ini sangat berbeda sekali dengan sebelum kejadian tersebut ketika ada jarak sekitar 4-5 meter per steward yang berjaga.