Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalahkan Jerman, Korea Selatan Sukses Balaskan Dendam 16 Tahun yang Lalu

By Putra Rusdi Kurniawan - Kamis, 28 Juni 2018 | 08:58 WIB
Kiper Jerman, Manuel Neuer (kiri), berusaha menahan umpan pemain Korea Selatan, Jo Se-Jong, dalam laga Grup F Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, Rusia pada 27 Juni 2018. (BENJAMIN CREMEL/AFP)

Korea Selatan mampu membalaskan dendam 16 tahun lalu kepada Jerman usai mengalahkan Der Panzer 2-0 pada laga terakhir Grup D, Kamis (28/6/2018) di Stadion Kazan Arena.

Dalam laga ini dua gol Korea Selatan tercipta pada menit akhir lewat Kim Young-Gwon (menit 90+2) serta Son Heung-Min (90'+6).

Kemenangan Tim Taeguk Warriors ini sekaligus mengantarkan Jerman yang berstatus sebagai juara bertahan Piala Dunia harus angkat koper dari Rusia.

Anak asuhan Joachim Loew harus tersingkir dari Piala Dunia 2018 karena berada di posisi juru kunci Grup D.

Keberhasilan Korea Selatan mengalahkan Jerman ini juga membuat mereka mampu membalaskan kekalahan menyakitkan atas Der Panzer 16 tahun lalu pada Piala Dunia 2002.

Pada Piala Dunia 2002, Korea Selatan yang bertindak tuan rumah bersama Jepang tampil mengejutkan dengan melaju hingga babak semifinal.

Namun ketika selangkah lagi menuju final, Jerman sukses mengganjal mimpi Ahn Jung Hwan dkk pada babak semifinal.

(Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa)

Gol tunggal Michael Ballack pada menit ke-75 membungkam puluhan ribu pendukung Korea Selatan yang hadir di Seoul World Cup Stadium.