Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sejarah Timnas Catalonia, dari Terbentuk hingga Jadi Tulang Punggung Timnas Spanyol

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Sabtu, 23 September 2017 | 13:29 WIB
Salah satu pertandingan timnas Catalan. (Centrocampista.com)

Pemerintahan Regional Catalonia akan menggelar referendum pada 1 Oktober 2017.

Ragional Catalunya yang terdiri dari Provinsi Barcelona, Girona, Lleida, dan Tarragona saat ini sedang berusaha memerdekakan diri dari Kerajaan Spanyol.

Jika referendum kemerdekaan tersebut berhasil dilakukan Catalonia, mereka akan memiliki tim nasional sepak bola yang terpisah dari Spanyol.

Selama ini timnas Catalonia memang hanya melangsungkan pertandingan-pertandingan tidak resmi karena mereka bukan anggota resmi UEFA maupun FIFA.

Sejak 1904, timnas Catalonia sudah melakoni hampir 200 laga melawan timnas negara lain, atau tim dari luar dan dalam negeri Spanyol.

Pertandingan pertama timnas Catalonia adalah tahun 1905 dimana mereka menghadapi klub-klub seperti Barcelona dan Espanyol.

Baru pada 1912 Catalonia menjalani debut internasional ketika kalah telak 0-7 dari Prancis pada pertandingan yang dilangsungkan di Paris tersebut.

Setelah perang saudara Spanyol berakhir pada 1939, diktator Francisco Franco melarang penggunaan bahasa dan bendera Catalan, namun hal tersebut tak membuat timnas Catalonia berhenti bermain.

Sejak demokrasi kembali ke tanah Spanyol pada medio 1970-an, timnas Catalonia kembali menjalani laga secara reguler.

Legenda Barcelona dan Belanda, Johan Cruyff sempat menjadi pelatih timnas Catalonia pada tahun 2009 sampai 2013.