Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto Tidak Canggung Kendarai Mobil Formula E Meski Sudah Lama Tidak Balapan

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 4 Oktober 2017 | 15:35 WIB
Rio Haryanto menjajal mobil Spark Renault SRT_01E saat tes pra-musim Formula E di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia (3/10/2017). (TWITTER.COM/RHARYANTORACING)

Tes pramusim Formula E (3/10/2017) menjadi kesempatan bagi mantan pebalap F1, Rio Haryanto untuk bisa kembali mengendarai mobil balap setelah hampir setahun menepi dari ke lintasan balap.

Meski sempat menjadi mentor bagi pebalap muda Jepang, Iori Kimura pada ajang Asian Formula Renault musim 2017, tes Formula E kemarin menjadi yang pertama bagi Rio Haryanto untuk bisa kembali duduk di cockpit dan melaju di lintasan balap.

"Senang bisa kembali berada di mobil balap. Saya sangat menikmati pengalaman hari ini, mobil Formula E sangat berbeda dengan Formula 1,"

"Tapi saat saya berada di kokpit dan mulai melaju kencang, semuanya terasa alami - seperti tidak pernah berhenti balap sekitar satu tahun," kata Rio Haryanto seperti dilansir BolaSport.com dari halaman facebook resmi sang pebalap.

Rio Haryanto turun dalam sesi Formula E development car test yang berlangsung selama kurang lebih satu jam.

Dalam tes tersebut, Rio Haryanto berhasil melakukan 30 putaran dalam dua sesi yang masing-masing berlangsung 30 menit.

Pebalap yang pernah membela tim Manor tersebut mengendarai Spark Renault SRT_01E yaitu mobil khusus tes dan pengembangan Formula E.

Tes tersebut dimanfaatkan Rio Haryanto untuk mencoba berbagai setelan untuk bisa lebih mengenal mobil Formula E yang menggunakan tenaga listrik.

Rio Haryanto berharap masih diberikan kesempatan untuk menjajal mobil Formula E lagi.