Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sebastian Vettel Lolos dari Penalti Setelah Ferrari Pastikan Gearbox Mobilnya Aman Terkendali

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 4 Oktober 2017 | 16:03 WIB
Pebalap Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel (kedua dari kanan) berjalan di lintasan Sirkuit Spa-Franchorchamps bersama tim, Kamis (24/8/2017). (JOHN THYS/AFP PHOTO)

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, dipastikan tidak akan menerima hukuman pinalti saat balapan seri ke-16 F1 di Sirkuit Suzuka, Jepang akhir pekan ini.

Melalui akun Twitter resmi, Tim Ferrari menyebutkan jika gearbox Sebastian Vettel yang diperkirakan rusak berat ternyata masih bisa digunakan.

Pada GP Malaysia (1/10/2017), Sebastian Vettel terlibat insiden tabrakan dengan pebalap Williams, Lance Stroll, saat sesi 'pendinginan' selepas balapan usai.

Kala itu bagian belakang mobil Sebastian Vettel tertabrak hingga mengalami rusak berat.


Sebastian Vettel menaiki mobil Pascal Wehlrein untuk kembali ke pit setelah mobilnya rusak akibat bersenggolan dengan Lance Stroll selepas balapan F1 GP Malaysia (1/10/2017).(FORMULA 1)

Beberapa pengamat pun sempat berspekulasi apakah Sebastian Vettel akan mendapat hukuman turun lima posisi saat GP Jepang karena harus mengganti gearbox dengan yang baru.

Seperti diketahui seorang pebalap tidak diperkenankan mengganti gearbox jika belum melalui enam balapan berturut-turut.

Sementara gearbox yang digunakan pebalap Ferrari tersebut baru dipasang pada GP Singapura yang berlangsung tepat sebelum gelaran GP Malaysia.

Beruntung bagi Sebastian Vettel, kru tim Ferrari menyatakan jika gearbox tersebut masih layak digunakan untuk balapan GP Jepang mendatang.