Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sanksi Rusia Dicabut IOC

By Imadudin Adam - Jumat, 2 Maret 2018 | 07:35 WIB
Bendera Olimpiade dan bendera Rusia ketika Olimpiade Musim Dingin 2014 digelar di Sochi, Rusia, 23 Februari 2014. (PAUL GILHAM/GETTY IMAGES)

Larangan akibat doping terhadap Rusia dicabut oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Dengan begitu, Rusia akan kembali mendapatkan hak-haknya secara penuh.

"Hak Komite Olimpiade Rusia telah dipulihkan sepenuhnya," kata kepala Komite Olimpiade Rusia, Alexander Zhukov seperti dikutip Bolasport.com dari Warta Kota.

Zhukov mengatakan bahwa Rusia menerima sepucuk surat dari IOC yang menegaskan bahwa tidak ada atlet Olimpiade lainnya dari Rusia yang terbukti positif menggunakan doping, menyusul dua tes doping positif atlet Rusia dalam Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang.

"Seluruh tes doping yang dilakukan kepada para atlet kami di hari-hari terakhir Olimpiade adalah negatif," kata Zhukov.
 
(Baca Juga: Duel Kiper Pengangguran Liga Inggris di Gawang Timnas Argentina, Siapa yang Menang?)

IOC memutuskan dalam sebuah pertemuan pada Minggu bahwa hukuman terhadap Komite Olimpiade Rusia akan dicabut.

Sejak Desember 2017, Rusia dilarang untuk mengikuti Olimpiade Musim Dingin 2018 menyusul terungkapnya skandal doping yang diduga dilakukan secara sistematis.

Setelah dilakukan pemeriksaan, hanya 168 atlet yang dianggap "bersih" dan dipersilahkan untuk mengikuti Olimpiade Pyeongchang di bawah bendera Olimpiade.

Namun, dua atlet Rusia, Alexander Krushelnitsky dan Bobsledder Nadezhda Sergeyeva, dikeluarkan dari Olimpiade itu setelah tes doping membuktikan mereka menggunakan doping, dengan medali perunggu Krushelnitsky kembali ditarik.