Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Para Pemain Unggulan Ke-1 pada Kejuaraan Asia 2018, Salah Satunya dari Indonesia

By Any Hidayati - Rabu, 4 April 2018 | 18:39 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, mengembalikan kok ke arah Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja, pada laga babak kedua All England 2018 yang berlangsung di Arena Birmingham, Inggris, Kamis (15/3/2018) (BADMINTON INDONESIA)

Absennya tiga pebulu tangkis nomor 1 dunia pada Kejuaraan Asia 2018 memunculkan nama-nama baru sebagai pemain unggulan kesatu.

Di antara para pemain unggulan teratas itu, ada nama wakil Indonesia yakni pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Duet Tontowi/Liliyana sebetulnya hanya berperingkat kedua dunia, satu setrip di bawah pasangan China, Zheng Siwei/Chen Qingchen, yang masih memuncaki daftar peringkat nomor ganda campuran.

Namun, tak lagi dipasangkannya Zheng/Chen oleh asosiasi bulu tangkis China membuka jalan bagi Tontowi/Liliyana untuk menyandang status unggulan pertama pada Kejuaraan Asia 2018.

(Baca Juga: Marcus Fernaldi Gideon Akan Menikah, Minions Absen pada Badminton Asia Championship)

Pebulu tangkis tunggal putra India, Kidambi Srikanth, pada babak kedua India Open di Siri Fort Indoor Stadium, Kamis (1/2/2018).(SAJJAD HUSSAIN/AFP PHOTO)

Selain Tontowi/Liliyana, pebulu tangkis tunggal putra India, Kidambi Srikanth, juga menjadi pemain non-nomor satu dunia yang berhasil menempati posisi unggulan kesatu pada Kejuaraan Asia 2018.

Seperti Tontowi/Liliyana, Srikanth menyandang status tersebut karena pemain nomor satu dunia absen pada kejuaraan yang berlangsung di Wuhan Sports Center Gymnasium, Wuhan, China, 24-29 April mendatang.

Viktor Axelsen yang merupakan pebulu tangkis tunggal putra nomor satu dunia asal Denmark tidak tampil pada Kejuaraan Asia 2018 lantaran dia bukan pemain dari Benua Asia.