Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dukung Penuh Asian Games 2018, Pemprov DKI Jakarta Sudah Gelontorkan Rp 15 Triliun

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 25 April 2018 | 17:19 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno (tengah), hadir pada konferensi pers rapat komunikasi dan koordinasi Asian Para Games 2018 di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (13/4/2018). (LARIZA OKY ADISTY/BOLASPORT.COM)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menggelontorkan dana hingga Rp 15 triliun untuk mendukung penyelenggaraan ajang olahraga Asian Games 2018.

Uang Rp 15 triliun itu, kata Sandiaga Uno, bersumber dari dana warga masyarakat DKI Jakarta yang berfungsi untuk membangun infrastruktur dan berbagai sarana lainnya.

"All out, semua kami kasih untuk mendukung Inasgoc dan Asian Games 2018," kata Sandiaga pada sela acara 15th Junior Artistic Gymnastics Asian Championship 2018, di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

"Nggak pakai tawar menawar. Apapun selalu kami kasih dan dukung. Apalagi kami sudah menggelontorkan Rp 15 triliun untuk pembangunan velodrome, LRT, dan lain-lain," ujar Sandiaga menambahkan.

Baca juga: Menpora Resmi Buka Kejuaraan Asia Senam Artistik Junior 2018 di Istora Senayan

Menurut Sandiaga Uno, dana itu digelontorkan karena Asian Games 2018 juga mempertaruhkan nama baik DKI Jakarta sebagai salah satu kota penyelenggara selain Palembang di Sumatra Selatan.

"Saya mendukung sekali, ingin melihat dengan mata kepala sendiri dan memastikan persiapan menjelang 115 hari Asian Games," tutur Sandiaga.

"Saya berdoa semoga prestasinya semakin bagus dan berharap juga ajang ini menjadi momentum untuk olahraga Indonesia yang lebih baik."

Pada Asian Games 2018, mayoritas pertandingan memang akan diselenggarakan di Jakarta. Sebanyak 13 venue terletak di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK).

Adapun venue lainnya tersebar di Velodrome Rawamangun, Equestrian Park Pulo Mas, Pantai Marina Ancol, Pulo Mas International BMX Center, Padepokan Silat TMII, dan JIExpo Kemayoran.