Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menpora: Awalnya Bagaikan Macan, tetapi di Lapangan Jadi Kambing

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 2 Mei 2018 | 18:52 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (ketiga dari kanan) berpose seusai acara diskusi Asian Games 2018 di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (2/5/2018). (NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyebut masih ada sejumlah atlet Indonesia yang harus membenahi persoalan mentalitas mereka saat bertanding.

Pendapat Imam didasari oleh pengamatannya setelah menyaksikan langsung performa atlet Indonesia yang mengikuti suatu kejuaraan internasional.

Sebagian atlet Indonesia dianggap gagal tampil optimal karena kurang percaya diri kala harus berhadapan dengan atlet asing.

"Lawan mereka sesungguhnya adalah diri mereka sendiri. Ada yang berangkat seperti macan, tetapi sampai di lapangan jadi kambing juga," ujar Imam pada acara diskusi Asian Games 2018 di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

"Mungkin mereka sudah minder duluan ketika melihat performa lawan yang lebih bagus," tutur dia menambahkan.

Saat ini, seluruh cabang olahraga sedang melakukan persiapan dengan dengan menjalani pemusatan latihan dan uji coba.

Pemusatan latihan dan uji coba tersebut ada yang dilakukan di dalam dan luar negeri.

(Baca juga: Respons Kalangan Bulu Tangkis Malaysia atas Hukuman kepada 2 Pemain Negeri Jiran yang Terlibat Pengaturan Skor)

Dengan persiapan yang matang, baik mental maupun fisik, Imam berharap para atlet Indonesia bisa memenuhi target medali Asian Games 2018 yang dicanangkan induk organisasi cabang olahraga mereka masing-masing.

"Semua cabor super optimistis terhadap raihan medali mereka. Optimisme inilah yang harus dirawat," ucap Imam.