Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tontowi/Liliyana Jadi Pasangan Ganda Campuran Nomor 1 Dunia, Begini Reaksi Eks Ketum PP PBSI

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 4 Mei 2018 | 12:42 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berpose setelah menjuarai French Open 2017 di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Minggu (29/10/2017). ( BADMINTON INDONESIA )

Setelah melakoni periode bermain bersama sebagai pasangan ganda campuran selama delapan tahun, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akhirnya resmi menjadi pemain nomor satu dunia pada Kamis (3/5/2018).

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil naik dua peringkat setelah berhasil menembus babak final Kejuaraan Asia 2018.

Kendati gagal meraih gelar juara Asia pada tahun ini, pencapaian mereka melaju ke final sudah cukup untuk menambah pundi-pundi poin dan menggeser dua pasangan rival sekaligus.

Baca juga: New Zealand Open 2018 - Gregoria Mariska Tunjung Akan Lakoni Laga Sarat Nostalgia

Dilansir BolaSport.com dari situs resmi BWF, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memuncaki daftar peringkat dunia setelah berhasil mengumpulkan 76.270 poin.

Duet yang akrab disapa Owi/Butet itu unggul 3.590 poin atas Wang Yilyu/Huang Dongping (China) dan 7.592 atas Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong).

Sementara itu, pasangan Zheng Siwei/Chen Qingchen yang semula menyandang status nomor satu dunia kini berada di peringkat keempat karena sudah tidak lagi aktif berkompetisi.

Keberhasilan Tontowi/Liliyana menjadi pasangan ganda campuran nomor satu dunia langsung mendapat respons dari berbagai pihak.


Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan, sedang berbicara ketika menghadiri diskusi PBSI dan PABBSI di kantor redaksi JUARA di Palmerah, Jakarta, Rabu (31/8/2016).(FERNANDO RANDY/BOLA/JUARA.NET)

Salah satunya ialah eks Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) periode 2012-2016, Gita Wirjawan.